Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir:Kami di BUMN Menjamin Perempuan Memiliki Kesempatan yang Sama untuk Maju

Kompas.com - 26/10/2022, 19:20 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong kepemimpinan perempuan di linkup Kementerian BUMN. Hal ini dia dilakukan dalam rangka mendorong lingkungan kerja yang sehat dan tidak diskriminatif.

“Satu bulan setelah saya jadi menteri BUMN, saya mendorong gerakan perbaikan lingkungan kerja di BUMN yang tanpa diskriminasi. Sejak awal saya mendorong kepemimpinan wanita, karena saat saya masuk ke BUMN, kepemimpinan perempuan hanya 5 persen, saya dorong sampai 25 persen,” kata Erick mengutip Instagram @erickthohir, Rabu (26/10/2022).

Erick Thohir mengatakan, perempuan ini merupakan inti dari semua kehidupan. Dia bilang, saat kita lahir, tidak mungkin tidak ada perempuan. Dia juga bilang, kita bisa menjadi manusia lebih baik, karena ada perempuan di rumah kita, yaitu ibu kita.

Baca juga: Detik-detik Erick Thohir Bicara Peluang Jadi Capres

“Perempuan itu punya kekuatan lebih. Tidak hanya mengurus anaknya, menjaga akhlak anaknya, tapi juga berkontribusi kepada ekonomi keluarga,” ungkap mantan Presiden Inter Milan itu.

Untuk itu, Erick mendorong leadership melalui lingkungan kerja yang sehat dan tidak diskriminatif dengan mengajak turut serta pemimpin wanita yang memiliki potensi.

Baca juga: Erick Thohir Ingin Pertamina, PLN, dan Star Energy Merger

“Kita mendorong para perempuan supaya bisa melahirkan produk-produk yang berkualitas ekspor. Perdagangan dari selatan ke selatan akan makin tinggi. Bank Mandiri juga ada akses untuk pengusaha perempuan,” lanjut dia.

Sejarah mencatat, perempuan memiliki pengaruh besar dalam memerdekakan dan membangun bangsa ini. Semasa pandemi, perempuan kembali menunjukkan perannya membuka banyak lapangan kerja dengan menjadi nasabah PNM Mekaar.

“Untuk itu sudah sepantasnya kami di BUMN menjamin perempuan juga memiliki kesempatan yang sama untuk maju. Kami ingin mereka merasa aman dan nyaman dalam bekerja, serta dapat tumbuh berkarya sebagai penggerak roda ekonomi negara,” tegas Erick Thohir.

Baca juga: Erick Thohir: Mantan Koruptor Dilarang Jadi Direksi BUMN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com