Tips Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Kompas.com - 23/11/2022, 11:47 WIB
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Ikan lele telah menjadi salah satu lauk yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Tak hanya harganya cukup ekonomis, ikan lele tinggi akan zat gizi yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Dikarenakan cukup tingginya minat masyarakat akan ikan lele ini, bisnis pembudidayaannya pun cukup menarik untuk dilakukan. Membudidayakan ikan lele cukup mudah, bahkan bisa bisa dilakukan di kolam terpal apabila terkendala lahan.

Selain itu, budidaya ikan lele di kolam terpal juga tak begitu membutuhkan modal besar. Lele dapat hidup dalam kepadatan tebar tinggi dan rasio terhadap pertumbuhan yang baik. Lantas, bagaimana tips untuk membudidayakan ikan lele di kolam terpal?

Baca juga: 5 Tips Memilih Investasi yang Aman, Apa Saja?

Tips budidaya ikan lele di kolam terpal

Disadur dari laman resmi Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat, pembudidayaan ikan lele di kolam terpal dimulai dari konstruksi kolam, pemilihan benih, penebaran benih, pengaturan kualitas air, pangan, hingga pengendalian hama dan penyakit.

1. Kolam

Pembuatan kolam terpal bisa dilakukan di pekarangan atau halaman rumah. Pembudidayaan di kolam terpal memiliki keuntungan terhindar dari hewan pemangsa.

Sebelum menggunakan kolam terpal, Anda dapat mencuci bagian dalam menggunakan sabun untuk menghilangkan bau lem atau bahan kimia yang bisa membunuh benih ikan. Bilas bersih terpal dan keringkan selama satu hari, lalu isikan air hingga 20 cm.

Setelah kolam telah terisi air, diamkan selama kurang lebih satu minggu untuk proses pembentukan lumut agar menjadi tempat pertumbuhan fitoplankton.

Air yang telah dibiarkan selama satu pekan, masukkan daun-daunan seperti daun singkong atau pepaya agar air berwarna hijau. Air hijau mencegah bau yang disebabkan penguapan air kolam.

Saat ikan berangsur dewasa, tambahkan air hingga mencapai 80 cm. Dikarenakan terjadi penguapan air kolam, lakukan 25 persen penambahan dan penggantian air.

Baca juga: 5 Tips Mengatur Gaji Biar Tak Cuma Numpang Lewat

2. Pemilihan benih

Terdapat beberapa ciri benih unggul yang bisa diperhatikan bagi para pembudidaya ikan lele, seperti:

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.