Kompas.com - 25/11/2022, 16:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi generasi sandwich tidaklah mudah karena memiliki peran ganda untuk bertanggung jawab memenuhi kebutuhan hidup orangtua dan anak-anaknya. Namun bukan berarti tidak ada cara cerdas untuk menjalaninya.

PR and Corporate Communication Lead Bibit William mengatakan, meski di satu sisi memiliki tanggungan yang tidak ringan, tapi di sisi lain para generasi sandwich juga memiliki impian dan tujuan keuangan yang sedang mereka bangun dan coba wujudkan.

Untuk itu dia berbagi 4 tips investasi bagi generasi sandwich agar tetap bisa memenuhi kebutuhan generasi atas dan generasi bawah sekaligus mewujudkan impian diri sendiri. Berikut tipsnya:

Baca juga: Konsisten Berinvestasi, Salah Satu Cara Memutus Rantai Generasi Sandwich

1. Memilih platform investasi yang telah berizin dan diawasi OJK

Tips pertama tentu Generasi Sandwich harus memilih platform investasi yang telah berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar tidak terjebak dalam investasi bodong yang berujung merugikan.

Dia bilang, salah satu aplikasi investasi yang berizin dan diawasi OJK ialah Bibit.

"Karena berinvestasi itu bukan hanya persoalan satu dua hari, masyarakat membutuhkan mitra yang kredibel dan terpercaya untuk membantu mereka," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (25/11/2022).

2. Mengetahui profil risiko

Lantaran generasi sandwich sibuk memikirkan keluarga mereka, terkadang mereka lupa atau bahkan tidak tahu seperti apa profil risiko mereka atau instrumen investasi apa yang paling optimal dengan tujuan keuangan mereka.

Selain mencari tahu sendiri, Generasi Sandwich juga dapat meminta bantuan ahli untuk mengetahui seperti apa profil risiko diri sendiri. Saat ini banyak lembaga keuangan seperti bank atau platform investasi yang menyediakan layanan konsultasi investasi untuk nasabahnya.

Baca juga: Memutus Rantai Generasi Sandwich dengan Pengelolaan Keuangan yang Baik, Seperti Apa?

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.