Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Papan Ekonomi Baru Meluncur, BUKA, GOTO, dan BELI Tak Lagi di Papan Utama

Kompas.com - 05/12/2022, 13:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi meluncurkan papan pencatatan baru, yakni papan pencatatan ekonomi baru (new economy board) pada Senin (5/12/2022) hari ini. Papan ekonomi baru disiapkan untuk saham dengan potensi kapitalisasi pasar besar setara saham papan utama, namun kinerja keuangannya belum positif.

"Kami berharap dengan adanya implementasi papan ekonomi baru ini dapat menjadi salah satu pendorong bagi perusahaan-perusahaan sektor new economy untuk tercatat di BEI," ujar Direktur Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik, dalam konferensi pers Implementasi Papan Ekonomi Baru di Bursa Efek Indonesia, Senin.

Papan ekonomi baru juga diluncurkan sebagai upaya bursa dalam mendorong perkembangan perusahaan yang memanfaatkan teknologi dan ekonomi digital, sekaligus sebagai sarana branding bagi perusahaan tercatat. Selain itu, papan ekonomi baru menyediakan segmentasi papan pencatatan di BEI yang merupakan sarana strategi investasi bagi investor.

Baca juga: Saham GOTO Kembali ARB pada Awal Perdagangan BEI

Dengan diluncurkannya papan pencatatan ekonomi baru, BEI memindahkan tiga emiten teknologi dari papan utama. Ketiga emiten tersebut ialah, PT Bukalapak.com Tbk (BUKA), PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), dan PT Global Digital Niaga Tbk (BELI).

"Terdapat 3 saham yang efektif tercatat di papan ekonomi baru, yaitu GOTO, BUKA, dan BELI," kata Jeffrey.

Jeffrey menjelaskan, tidak terdapat perbedaan mekanisme perdagangan maupun parameter perdagangan untuk saham yang tercatat di papan ekonomi baru dengan perdagangan saham pada umumnya. Adapun saham yang tercatat di papan anyar itu dapat diidentifikasi melalui listing type dan juga penyematan notasi khusus di belakang kode saham perusahaan tersebut.

Saat ini terdapat 2 notifikasi khusus untuk saham yang dicatatkan di papan ekonomi baru, yakni notasi khusus "K" yang berarti perusahaan menerapkan skema saham dengan hak suara multipel (SHSM) dan tercatat di papan ekonomi baru. Kemudian, notasi khusus “I” yang berarti perusahaan tidak menerapkan SHSM.

Sebagai informasi, papan pencatatan berfungsi sebagai klasifikasi kondisi perusahaan tercatat. Selain papan ekonomi baru, saat ini terdaapat papan utama, papan pengembangan, dan papan akselerasi.

Baca juga: Kriteria Saham yang Masuk ke Papan Ekonomi Baru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+