Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citibank Gandeng Home Credit Luncurkan Fasilitas Pembiayaan Sosial Senilai Rp 275 Miliar

Kompas.com - 09/12/2022, 14:00 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.comCitibank bersama dengan Home Credit, meluncurkan fasilitas kredit pembiayaan sosial bersama untuk mempromosikan inklusi keuangan yang lebih besar bagi masyarakat Indonesia melalui pembelian perangkat digital dasar.

Batara Sianturi, Chief Executive Officer Citi Indonesia mengatakan, transaksi sebesar Rp 275 miliar ini bertujuan untuk mendukung 44.600 orang dalam membeli perangkat digital dasar seperti ponsel pintar (smartphone) dan tablet.

Dia mengatakan, dengan perangkat digital dan koneksi dasar, pengguna dapat terhubung ke internet dan mengakses layanan penting seperti pendidikan melalui daring, layanan perbankan dan literasi keuangan, hingga aplikasi yang mendukung produktivitas untuk menjalani usaha.

“Kami bangga dapat memberikan fasilitas pembiayaan sosial bagi klien kami, Home Credit Indonesia. Fasilitas ini membantu memfasilitasi kelompok masyarakat yang tertinggal untuk dapat memperoleh perangkat digital dasar sehingga mereka dapat mengakses layanan keuangan yang mendasar,” kata Batara dalam siaran pers, Jumat (9/12/2022).

Baca juga: Citibank Indonesia Suntik Rp 650 Miliar ke Anak Usaha TOWR

Batara mengatakan, transaksi ini berkontribusi pada komitmen Citi sebesar 1 triliun dollar AS pada tahun 2030 untuk keuangan berkelanjutan. Batara bilang, fasilitas ini merupakan bagian dari pinjaman sosial bagi kedua perusahaan dan masuk dalam kualifikasi “S” di dalam kerangka Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (ESG).

“Inisiatif ini mendukung kriteria keuangan sosial Citi untuk inklusi ekonomi, yakni untuk meningkatkan akses ke fasiltias kredit dan layanan keuangan di komunitas yang rentan atau tertinggal, termasuk pembiayaan di sektor UMKM,” lanjut Batara.

Baca juga: Hengkang dari Bisnis Bank Ritel, Citibank Minta Nasabah Tak Tutup Kartu Kredit

Wit Oemar, Head of Global Subsidiaries Group, Citi Indonesia mengungkapkan, fasilitas pembiayaan sosial dari Citi ini merupakan solusi bagi para pelaku usaha di berbagai industri untuk fokus pada usaha yang berkelanjutan dan bertanggung jawab secara lingkungan maupun sosial. Dia berharap kerja sama ini akan meningkatkan ruang publik, sumber daya dan kesempatan kerja di masyarakat.

“Kontribusi kami bersama klien diharapkan dapat memperluas akses pada layanan keuangan dan membantu masyarakat dalam mengembankan usaha mereka. Kerja sama ini juga merupakan komitmen kami dalam menyalurkan pembiayaan yang bertanggungjawab kepada masyarakat Indonesia,” lanjut Wit Oemar.

Baca juga: MUFG Caplok Bisnis Home Credit di Indonesia dan Filipina

Credit untuk pembiayaan perangkat digital dasar seperti ponsel pintar yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk meningkatkan akses terhadap layanan keuangan, termasuk layanan keuangan digital, sekaligus meningkatkan literasi keuangan melalui akses informasi yang dapat mendorong produktivitas para pelanggan.

Direktur Home Credit Indonesia Volker Giebitz mengatakan, pembiayaan ini secara khusus ditujukan untuk pelanggan perempuan yang jumlahnya mencapai 48 persen dari total pelanggan Home Credit dengan kontrak aktif per 30 September 2022.

“Fasilitas dari Citi ini akan memperkuat kapasitas perusahaan untuk menyalurkan pembiayaan yang cepat, transparan dan ada di mana saja untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara terencana,” ungkap Volker.

Baca juga: CEO Home Credit Indonesia Soroti Ekonomi Digital di Side Event G20

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+