Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Hadiah Uang yang Diterima Argentina sebagai Juara Piala Dunia?

Kompas.com - 19/12/2022, 11:03 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Argentina tampil sebagai juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis melalui adu penalti di final. Negara Amerika Latin ini mengakhiri penantian juara usai 36 tahun.

Final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis dilangsungkan di Stadion Lusail, Minggu (18/12/2022) malam WIB.

Argentina menjadi jawara usai mengungguli Prancis 3-2 pada adu penalti, menyusul hasil sama kuat 3-3 sampai perpanjangan waktu.

Lionel Messi menyumbang dua gol Argentina, sedangkan satu lainnya terlahir dari kaki Angel Di Maria. Di seberang kubu, Kylian Mbappe menciptakan hat-trick bagi Prancis.

Baca juga: Berapa Hadiah Uang yang Didapat Pemain India dari Thomas Cup?

Hadiah juara Piala Dunia

Sebagaimana setiap kompetisi resmi, setiap juara akan mendapatkan hadiah paling besar. Hadiah besar juga tentunya akan diberikan kepada runner-up maupun juara tiga Piala Dunia.

Hadiah trofi memang memiliki arti sangat simbolis, namun hadiah uang tunai juga merupakan sesuatu yang juga sangat diinginkan pemain maupun tim.

Dikutip dari Sporting News, Senin (19/12/2022), hadiah bagi pemenang Piala Dunia selalu naik dibandingkan nilai hadiah pada gelaran yang sama empat tahun sebelumnya.

Di Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) mengalokasikan hadiah dengan total sebesar 440 juta dollar AS, atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 6,86 triliun (kurs Rp 15.600).

Baca juga: Apa yang Membuat Qatar Begitu Kaya Raya?

Nilai hadiah ini lebih besar 40 juta dollar AS dari Piala Dunia 2018 di Rusia. Sementara untuk Piala Dunia 2014 di Brasil, hadiah yang disiapkan FIFA hanya 358 juta dollar AS.

Namun yang perlu diketahui, jumlah itu dibagi untuk seluruh tim yang lolos di Piala Dunia 2022, tentunya Argentina sebagai juara akan mendapatkan hadiah tertinggi.

FIFA mengonfirmasi, Argentina yang menjadi juara bakal menerima sedikitnya 42 juta dollar AS atau sekitar Rp 655,3 miliar.

Nilai uang hadiah yang diterima Argentina naik sebesar 4 juta dollar AS dibandingkan hadiah yang diterima juara Piala Dunia 2018, Prancis.

Baca juga: Mengapa Israel Begitu Kaya Raya?

FIFA sendiri terbilang cukup pelit memberikan hadiah kepada pemenang Piala Dunia, mengingat uang yang masuk ke kantong organisasi ini sangat besar dari gelaran Piala Dunia.

Sebagai contoh, untuk penyelanggaraan Piala Dunia di Qatar, FIFA mengantongi pendapatan sebesar 4,6 miliar dollar AS atau setara Rp 71,8 triliun.

Pundi-pundi yang diterima FIFA itu terbesar dikontribusi dari penjualan hak siar ke ratusan stasiun televisi di seluruh dunia dengan nilai 2,6 miliar dollar AS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com