Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wall Street Berakhir Hijau, Saham JD.com yang Melonjak 4,3 Persen

Kompas.com - 31/03/2023, 08:24 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com – Bursa saham AS atau Wall Street berakhir di zona hijau pada perdagangan Kamis (30/3/2023) waktu setempat. Pergerakan bursa saham AS pada perdagangan Kamis dibayangi oleh ekspektasi bahwa krisis bank regional terburuk telah berlalu.

S&P 500 ditutup menguat 0,57 persen, Dow Jones Industrial Average (DJIA) menguat 0,43 persen, dan indeks acuan saham teknologi Nasdaq naik 0,73 persen.

Saham-saham yang menopang kenaikan bursa, seperti JD.com yang melonjak 4,3 persen, Airbnb naik 2,9 persen, Intel menguat 1,8 persen, Boeing 1,4 persen, dan Walt Disney 1,2 persen.

Baca juga: Wall Street Berakhir Hijau, Saham Big Tech Mulai Bangkit

Data terbaru, klaim pengangguran mingguan di AS meningkat sebesar 7.000 menjadi 198.000, yang mana hal ini menambah harapan bahwa Federal Reserve dapat mungkin akan memperlambat pengetatan suku bunganya karena pasar tenaga kerja mulai mendingin.

Saham chip seperti AMD berada di antara pemain terbaik di bursa Wall Street. ETF Semikonduktor Vektor VanEck (SMH) naik 1,4 persen pada perdagangan hari Kamis, menjadikan kenaikan tahun ini menjadi lebih dari 28 persen.

Baca juga: Kenaikan Suku Bunga Bebani Saham Teknologi, Wall Street Berakhir Merah


Di sektor teknologi, saham Amazon dan apple juga berakhir lebih tinggi. Sepanjang bulan ini, ineks Komposit Nasdaq naik lebih dari 4 persen. S&P 500 telah naik 2 persen, karena investor mengabaikan keruntuhan Silicon Valley Bank dan kenaikan suku bunga lainnya dari Fed.

“Yang pasti, beberapa investor percaya pasar mungkin maju dengan sendirinya. Secara kolektif, pasar keuangan sadar akan resesi yang memungkinkan suku bunga menjadi rendah dan menurunkan inflasi secara tajam,” tulis analis Barclays Ajay Rajadhiaksha mengutip CNBC.

“Namun tidak dipungkiri hal ini memberi efek negatif besar-besaran pada pendapatan perusahaan,” tambah dia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com