Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Menarik Investasi di Obligasi Negara Fixed Rate?

Kompas.com - 02/04/2023, 14:15 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini masyarakat bisa dengan mudah membeli Obligasi Negara Fixed Rate (FR). Jenis investasi ini 100 persen dijamin oleh pemerintah Indonesia.

Selain dijamin pemerintah, seberapa menarik investasi di Obligasi FR ini? Simak sejumlah "keunggulan" berinvestasi di Obligasi FR berikut ini.

1. Yield Obligasi

Yield atau imbal hasil Obligasi FR tergolong tinggi dan lebih besar daripada deposito atau tabungan di bank. Saat ini, rata-rata yield Obligasi FR adalah sekitar 5-7 persen per tahun.

Kemudian, jika mengacu pada Data Statistik Perbankan Indonesia bulan Desember 2022, rata-rata suku bunga deposito 12 bulan bank umum adalah 4,68 persen per tahun. Sementara pada periode yang sama inflasi telah menyentuh angka 5,51 persen.

Di sisi lain, pajak yang dikenakan pada Obligasi FR juga hanya 10 persen, berbeda dari deposito yang berada di angka 20 persen.

Baca juga: Mana Lebih Cuan, Obligasi Fixed Rate atau Deposito?

2. Keamanan

Obligasi FR merupakan instrumen investasi yang sangat aman karena pemerintah Indonesia menjamin 100 persen pembayaran pokok dan kuponnya.

Jika deposito bank yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan memiliki batas maksimal Rp 2 miliar per bank per nasabah, jumlah investasi Obligasi FR tetap dijamin oleh negara tanpa batas maksimal.

Obligasi negara FR biasanya disebut risk-free asset, karena bisa dibilang hampir tidak ada risiko gagal bayar.

“Investor juga tidak perlu khawatir dengan jatuh tempo Obligasi FR yang terlihat lama, karena Obligasi FR diperdagangkan di pasar sekunder sehingga sangat likuid. Artinya, investor bisa menjual investasinya sebelum jatuh tempo,” kata Head of Investment Research Bibit.id, Vivi Handoyo Lie melalui keterangannya, Minggu (02/04/2023).

Baca juga: Mengenal Apa Itu Obligasi dan Jenisnya

3. Passive income

Sebagai instrumen investasi yang sangat aman, Obligasi FR cocok untuk investor yang ingin melindungi aset mereka dari inflasi dan mendapat passive income yang pasti.

“The beauty of Obligasi FR adalah investor bisa tahu persis berapa yield yang akan mereka terima selama memegangnya hingga jatuh tempo. Yield ini sudah dikunci ketika membeli Obligasi FR dan tidak akan berubah walaupun kondisi ekonomi naik turun," lanjut Vivi.

Baca juga: Suku Bunga Acuan Terus Meningkat, Obligasi Masih Menarik?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com