Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Giatkan Ibadah Ramadhan, Aplikasi Ruang Ngaji Luncurkan Fitur Khatam Al-Qur’an Berhadiah Umrah

Kompas.com - 02/04/2023, 13:16 WIB
Rindu Pradipta Hestya,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Aplikasi yang memudahkan masyarakat mempelajari agama Islam, Ruang Ngaji, menambah fitur baru, yakni Khatam Al-Qur’an. Kehadiran fitur ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat dalam membaca dan mengkhatamkan Al Quran, khususnya selama Ramadhan.

Fitur pada aplikasi yang diluncurkan PT Juragan 99 Corp (J99 Corp) melalui J99 Foundation pada 2022 tersebut memiliki sejumlah kelebihan. Salah satunya, pengguna akan didampingi oleh ustaz secara virtual dalam membaca dan mengkhatamkan Al Quran.

Founder J99 Corp Gilang W Pramana mengatakan, kehadiran aplikasi Ruang Ngaji sejalan dengan semangat perusahaan yang didasarkan pada tiga hal penting, yakni iman, ilmu, dan amal.

“Melalui fitur Khatam Al Quran, kami ingin memperlihatkan bagaimana ketiga aspek tersebut dapat dijalankan secara beriringan. Pengguna dapat menambah iman dengan melaksanakan ibadah baca Al Quran dan mendapatkan lebih banyak ilmu dari pendampingan ustaz," kata Gilang di acara peluncuran fitur Khatam Al-Quran, seperti tertuang dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (2/4/2023).

Peluncuran fitur Khatam Al-Qur'an dalam fitur Ruang Ngaji oleh J99 Corp. J99 Corp Peluncuran fitur Khatam Al-Qur'an dalam fitur Ruang Ngaji oleh J99 Corp.

Founder J99 Corp lain yang juga merupakan inisiator Ruang Ngaji Shandy Purnamasari mengatakan, Ruang Ngaji merupakan wujud komitmen perusahaan untuk memberikan manfaat dan menginspirasi masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam.

“Khatam Al Qur’an merupakan fitur khusus yang dibuat untuk mengajak umat Islam mengkhatamkan Al Quran dengan didampingi ustaz yang profesional secara virtual. Aplikasi ini dapat diakses siapa pun dan berapa pun usianya,” jelas Shandy.

Baca juga: Wujud Bakti pada sang Ibu, Gilang J99 Bangun Masjid Jannah 99 di Malang

Ustaz Hilman Fauzi yang hadir dalam acara peluncuran mengapresiasi kehadiran fitur Khatam Al Qur’an di aplikasi Ruang Ngaji. Menurutnya, fitur tersebut memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk semakin sering berinteraksi dengan Al Quran.

Ia berharap, fitur Khatam Al Qur’an di Ruang Ngaji dapat membantu penggunanya lebih fokus dan termotivasi dalam membaca Al Quran untuk mendapatkan pahala dari Allah. Terlebih pada Ramadhan, bulan Al Quran diturunkan.

"Orang yang sering berinteraksi dengan Al Quran akan mendapatkan kemuliaan dan kebahagiaan. Alhamdulillah, kini ada fitur Khatam Al-Quran di aplikasi Ruang Ngaji. Dengan dipantau ustaz terpilih, insyaallah, bacaan (Al Quran) yang benar dapat menjadi tambahan pahala besar dan kebaikan yang berlipat ganda," jelas Ustaz Hilman.

Siapkan hadiah bagi pengkhatam Al Quran

Fitur Khatam Al-Qur'an dalam aplikasi Ruang Ngaji. J99 Corp. Fitur Khatam Al-Qur'an dalam aplikasi Ruang Ngaji.

Gilang mengatakan bahwa peluncuran fitur Khatam Al-Quran tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat, tetapi juga untuk J99 Corp. Sebab, perusahaan berkesempatan untuk beramal melalui pembagian berbagai hadiah.

J99 Corp melalui J99 Foundation menyiapkan sejumlah hadiah menarik bagi pengkhatam Al Quran yang menggunakan fitur Khatam Al-Quran dalam 40 hari. Salah satunya adalah perjalanan umrah gratis.

Untuk mengkhatamkan Al Quran dan berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah di fitur tersebut tidak sulit. Pengguna cukup mengakses fitur Khatam Al-Quran dari beranda aplikasi. Kemudian, pilih Ngaji Online. Selanjutnya, pengguna akan diarahkan ke Zoom Meeting untuk mengaji bersama ustaz.

Pengguna akan mendapatkan satu sesi mengaji online bersama ustaz dengan durasi 45 menit. Pengguna juga dapat memilih salah satu di antara tiga jadwal untuk proses monitoring selama 40 hari. Setelah selesai mengkhatamkan Al Quran, catatan mengaji virtual tersebut akan tersimpan di menu Riwayat pada aplikasi.

Adapun pemilihan pemenang akan dilakukan secara virtual dengan melibatkan para guru mengaji di akhir periode.

Untuk diketahui, selain Khatam Al-Qur’an dan Ngaji Online, aplikasi Ruang Ngaji memiliki fitur lain. Beberapa di antaranya adalah  Al-Qur’an, Waktu Sholat, Quiz Islami, Belajar Bahasa Arab, Penanda Arah Kiblat, Kisah Islami, Kalkulator Zakat, dan Informasi Masjid Terdekat. Semua fitur tersebut dapat diakses secara gratis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com