Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Masalah Tanah Bergerak, Tol Cisumdawu Tetap Dioperasikan untuk Mudik Lebaran

Kompas.com - 05/04/2023, 09:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dapat digunakan untuk mudik Lebaran 2023.

Saat ini Tol Cisumdawu Seksi 1-3 telah operasional dan Seksi 4-6 akan dibuka fungsional pada 15 April 2023.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, terdapat permasalahan teknis pada Tol Cisumdawu Seksi 5.

Baca juga: Mudik 2023, Ini Skenario Jasa Marga Antisipasi Kepadatan di Tol Layang MBZ:

"Ada masalah teknis di sana. Masalah tanah bergerak," ujar Hedy saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Saat ini pihaknya tengah memonitor pergerakan tanah tersebut untuk kemudian dilakukan evaluasi dan tindakan. Namun dia tidak dapat memastikan kapan masalah ini dapat diselesaikan.

"Kita lihat apakah dia sudah melandai, berhenti, atau masih bergerak. Kalau masih bergerak kan kita gak tahu. Dan juga beberapa titik kan kita masih melakukan tindakan," jelasnya.

Terpisah, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan permasalahan di Tol Cisumdawu Seksi 5 itu tidak akan mengganggu pengoperasian jalan tol jelang mudik Lebaran 2023.

Baca juga: Bersiap Mudik ke Cirebon? SImak Tarif Tol Jakarta-Cirebon Terbaru


Dia menjelaskan, untuk mengatasi daerah-daerah yang bermasalah itu, pihaknya telah membuat jembatan di 2 lajur jalan sehingga kemungkinan dari 4 lajur jalan hanya 2 lajur yang akan selesai ditangani.

"Insya Allah (saat mudik lancar). Yang jelas nanti janjinya tanggal 14 atau 15 (April) itu sudah bisa tembus dari Cileunyi sampai ke Cipali," kata Basuki setelah raker dengan Komisi V DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Selasa.

Sebagai informasi, Jalan Tol Cisumdawu akan dibuka fungsional dalam rangka mendukung arus mudik Lebaran 2023 sepanjang 29,165 kilometer (Km) yang terdiri dari Seksi 4 Cimalaka-Legok (8,2 Km), Seksi 5 Legok-Ujung Jaya (14,9 Km), dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan termasuk Junction Dawuan (6,065 Km).

Baca juga: Rute dan Tarif Tol Jakarta-Solo Golongan I 2023

Pada 15 April 2023, kondisi mainroad pada Seksi 4-6 ditargetkan sudah selesai Jalur A dan Jalur B kecuali lokasi yang perlu perhatian khusus yaitu Seksi 5A di Sta 40+200 dan Sta 45+050 serta Seksi 5B di Sta 51+000.

Terhubungnya Jalan Tol Cisumdawu ini akan memberikan peran penting guna memperlancar arus mudik dari arah Tol Cipali menuju Tol Cisumdawu atau sebaliknya.

Jalan Tol Cisumdawu sebelumnya telah beroperasi Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan (11,45 Km) sejak Januari 2022 serta Seksi 2 Pamulihan-Sumedang (17,05 Km) dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka (4,05 Km) yang beroperasi sejak Desember 2022 sekaligus mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan selama Natal dan Tahun Baru kemarin.

Baca juga: Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4 Beroperasi Fungsional untuk Mudik Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com