Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lancarkan Arus Mudik, Akses Tol Gedebage Km 149 Dibuka Sementara 20-29 April 2023

Kompas.com - 20/04/2023, 21:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka akses Gedebage kilometer (Km) 149 di ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023 di wilayah Jawa Barat.

Akses tersebut dibuka mulai hari ini (20/4/2023), sampai dengan 29 April 2023. Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedi Rahadian mengatakan, dibukanya Tol Fungsional Akses Gedebage ini berdasarkan hasil uji beban terbatas menyatakan mampu dilewati kendaraan Golongan I non-bus.

"Selama masa fungsional sementara, PT Jasa Marga (Persero) Tbk selaku BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) untuk tetap melakukan monitoring secara intensif kondisi struktur pile slab dan jembatan dengan tetap memasang instrumen–instrumen dan menempatkan petugas untuk melakukan monitoring di lokasi," ujarnya dalam siaran pers.

Baca juga: H-2 Lebaran, Lalu Lintas Tol Cipali Diprediksi Meningkat 11 Persen

Hedi berharap, Akses Gedebage Km 149 Jalan Tol Padaleunyi dapat membantu mengurai kemacetan apabila terjadi lonjakan lalu lintas, khususnya di Pintu Tol Cileunyi.

Pemudik dapat diarahkan ke akses tersebut dan selanjutnya mengarah ke Jalan Arteri Gedebage-Soekarno Hatta menuju ke Cileunyi atau Garut via Kamojang. 

Baca juga: Beredar Video Kemacetan Panjang di Tol Cikampek, Pemerintah: Hoaks!

 


Dalam pemberitaan Kompas.com, volume kendaraan arus mudik terpantau mulai meningkat di Jalan Raya Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, pada Selasa (18/4/2023) sore.

Peningkatan volume kendaraan di Jalan Raya Padalarang ditandai dengan mulai meningkatnya jumlah kendaraan pemudik, baik dari arah barat seperti Bogor, Cianjur, Sukabumi maupun dari arah utara seperti Purwakarta, Cikampek, atau Karawang.

Dinas Perhubungan Bandung Barat sebelumnya memprediksi arus mudik tahun ini meningkat 30 persen dibanding tahun lalu. Angka 30 persen itu berdasarkan hasil analisis rekap data pemantauan arus mudik pada tahun 2022.

Sejak H-7 Lebaran, tercatat ada 25.945 kendaraan pemudik melintas Padalarang, H-6 meningkat 28.805 kendaraan, dan turun pada H-5 menjadi 24.861 kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com