Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Tiket Kereta Mudik Ludes tapi Banyak Bangku Kosong, KAI: Kami Jual secara Transparan

Kompas.com - 20/04/2023, 19:59 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramai di media sosial Twitter terkait tiket kereta api masa mudik yang tercatat ludes terjual di aplikasi KAI Access namun ternyata masih banyak bangku kosong saat hari keberangkatan.

Kejadian ini diungkap oleh akun Twitter @jalur5_ dalam unggahannya, yang mengutip unggahan akun lain, @mentarikaa. 

"Di aplikasi penuh semua. Di dalam kereta, 30% bangku tidak terisi. "Masa iya 30-40% orang batalin bersamaan?" Curhat dari @mentarikaa, KA Taksaka Jakarta - Jogja," tulis akun Twitter tersebut, dikutip Kamis (20/4/2023).

Baca juga: Cara Reschedule Tiket Kereta Api Secara Online

Dalam balasan unggahan tersebut, banyak warganet menyuarakan spekulasinya. Beberapa menyebut hal ini merupakan ulah calo tiket kereta api yang masih dapat ditemui di stasiun, sedangkan warganet lain menyebut ini karena banyak penumpang yang membatalkan perjalanan karena tidak memenuhi syarat vaksin Covid-19.

"Ini antara calo yg hold tiket atau tiket dibatalkan karena belum booster !! Yg mudik tiket gratis aja pada kosong sepertinya kurang berminat karena ada keluarga yg belum vaksin!!" tulis salah seorang warganet.

"Maap yaa, emang bener adanya cancel karena banyak beralih ke motis yg 20 ribu tiketnya.... Dan bisa angkut motor sekaligus. Tau darimana? Banyak ngobrol sama yg daftar di tmpt. Katanya tiket hasil war online sebulan itu refund semua," kata warganet.

Baca juga: Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran 2023 Masih Tersedia

 

Jawaban KAI

Saat dikonfirmasi Kompas.com, VP Public Relation KAI Joni Martinus menegaskan data penjualan tiket kereta di aplikasi sudah sesuai dengan ketersediaan tempat duduk yang tersisa.

"KAI berkomitmen melakukan penjualan tiket secara transparan, sehingga ketersediaan tiket di KAI Access dan platform penjualan tiket lainnya merupakan data ter-update kondisi tempat duduk sebenarnya," ujar Joni kepada Kompas.com, Kamis (20/4/2023).

Dia menjelaskan, perjalanan kereta api yang dimaksud dalam unggahan Twitter tersebut ialah KA Taksaka relasi Gambir - Yogyakarta keberangkatan 17 April 2023.

Baca juga: Simak 5 Tips Mudik Nyaman Naik Angkutan Umum

Dia mengakui, pada kereta tersebut memang terdapat 10 tempat duduk yang kosong, terdiri dari 6 tempat duduk pelanggan yang tidak jadi berangkat dan 4 tempat duduk cadangan untuk operasional.

Dia bilang, tempat duduk cadangan untuk operasional disiapkan PT KAI untuk pelanggan apabila terjadi gangguan pada fasilitas pelanggan seperti kursi tidak bisa reclining.

Sementara, pelanggan yang tidak jadi berangkat kemungkinan karena terlambat tiba di stasiun, syarat naik kereta api yang tidak lengkap, atau karena sesuatu dan lain hal.

"Atas kondisi tersebut, KAI mengimbau agar seluruh pelanggan dapat mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju ke stasiun keberangkatan, mengingat kondisi lalu lintas pada masa mudik Lebaran 2023 cenderung padat," ucapnya.

Selain itu, pelanggan juga diharapkan memperhatikan persyaratan dan ketentuan naik kereta api. Saat ini, persyaratan naik kereta jarak jauh masih mengacu pada Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 84 tanggal 26 Agustus 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK. 02.02/II/3984/2022 pada tanggal 18 Desember 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com