Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Lonjakan Arus Balik di Akhir Pekan

Kompas.com - 28/04/2023, 20:03 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan, sekitar 50 persen kendaraan belum kembali dari Pulau Sumatera ke Jawa melalui angkutan penyeberangan. Oleh sebab itu, perlu adanya antisipasi lonjakan arus balik hingga akhir pekan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk menghindari kepadatan kendaraan yang akan menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak, masyarakat diimbau untuk menghindari melakukan perjalanan balik pada Minggu (30 April 2023) dan Senin (30 April 2023).

Menurutnya, dari hasil pantauan udara menggunakan helikopter, situasi arus balik di Bakauheni maupun Merak pada hari ini masih terpantau lancar.

"Walaupun hari ini pergerakan arus balik dari Bakauheni ke Merak cukup landai, tetapi harus diingat bahwa ada masyarakat yang mudiknya masih lama dan baru akan pulang akhir pekan ini," kata Budi Karya dalam keterangannya, Jumat (28/4/2023).

Baca juga: Lonjakan Arus Balik Diprediksi Terjadi hingga Akhir Pekan Ini

Berdasarkan data Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, jumlah penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada arus mudik mulai H-10 hingga H Lebaran sebanyak 920.054. Sementara jumlah kendaraan yang menyeberang sebanyak 213.737 unit.

Sementara itu, penumpang yang sudah menyeberang dari Sumatera ke Jawa pada arus balik mulai H2 Lebaran hingga H+4 baru sebanyak 463.847 orang dengan jumlah kendaraan 104.046 unit. Artinya, masih setengah pemudik yang belum kembali ke Jawa.

Budi Karya menuturkan, pihaknya bersama Korlantas Polri telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi lonjakan arus balik di Bakauheni hingga akhir pekan ini.

Baca juga: Arus Balik Lebaran, 81.000 Kendaraan Melintas Tol Cipali pada H+4


Salah satunya dengan melakukan pengaturan arus kendaraan, yakni jika Pelabuhan Bakauheni sudah padat maka kendaraan akan dialihkan ke Pelabuhan Panjang dan sebaliknya.

“Kapasitas Bakauheni sangat baik, mampu menampung 39.000 kendaraan, sehingga akan tertangani dengan baik jika ada lonjakan kendaraan,” ucapnya.

Menurutnya, ada sejumlah hal positif dari periode arus mudik maupun balik pada periode libur Lebaran 2023. Di antaranya banyak pemudik yang membeli tiket secara daring jauh-jauh hari, serta jumlah pemudik sepeda motor menurun.

"Kita lihat juga kecelakaan lalu lintas n menurun, dan di Tol Trans Jawa kecepatan meningkat, serta waktu tempuh menjadi lebih cepat. Ini adalah suatu indikator yang baik," pungkas dia.

Baca juga: Jejak Properti Mewah Perusahaan Sukanto Tanoto di Singapura

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com