Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami, Ini Pengertian Surat Utang Negara dan Jenisnya

Kompas.com - 07/05/2023, 08:49 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Surat utang negara (SUN) sudah tidak asing lagi di dunia investasi. SUN bisa dimiliki para investor melalui pasar perdana maupun pasar sekunder.

Pasar perdana adalah kegiatan penawaran dan penjualan surat utang negara untuk pertama kalinya, sedangkan pasar sekunder adalah kegiatan perdagangan surat utang negara yang sudah dijual di pasar perdana.

Lantas, apa itu surat utang negara, jenis, dan keuntungannya?

Baca juga: Mengenal Apa Itu Obligasi dan Jenisnya

Apa itu surat utang negara

Dilansir dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), surat utang negara adalah surat berharga yang diterbitkan pemerintah sesuai Undang-undang Nomor 24 Tahun 2022.

Surat utang negara terdiri dari surat perbendaharaan negara (SPN) dan obligasi negara, termasuk obligasi negara retail atau ORI.

Surat utang negara (SUN) adalah surat pengakuan utang yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh negara sesuai masa berlaku.

SUN ini digunakan pemerintah untuk membiayai kebutuhan anggaran pemerintah seperti menutup defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Baca juga: Pahami, Ini Cara Membaca IHSG

Jenis surat utang negara (SUN)

Terdapat dua jenis surat utang negara yaitu surat perbendaharaan negara (SPN) dan obligasi negara sebagai berikut.

  • Surat perbendaharaan negara (SPN)

Surat perbendaharaan negara adalah surat utang negara berjangka waktu maksimal satu tahun dengan pembayaran bunga secara diskonto.

  • Obligasi negara

Obligasi negara adalah surat utang negara berjangka waktu lebih dari 12 bulan, dengan kupon atau pembayaran bunga secara diskonto. Obligasi negara yang diperdagangkan secara ritel disebut Obligasi Ritel Indonesia (ORI).

Diterbitkannya ORI bertujuan memberi kesempatan sebesar-besarnya ke masyarakat atau investor individual untuk secara langsung mempunyai dan memperdagangkan secara aktif dalam perdagangan obligasi negara.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Pasar Modal, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Keuntungan investasi SUN

Tingkat keuntungan investasi SUN bersumber dari penghasilan kupon (bunga) dan potensi kenaikan harga (capital gain) dari harga obligasi.

Salah satu keuntungan investasi surat utang negara dibandingkan efek lainnya terletak pada minimnya risiko gagal bayar saat jatuh tempo, baik pembayaran kupon maupun nilai pokoknya.

SUN merupakan instrumen investasi yang bebas risiko gagal bayar karena pembayaran bunga atau kupon dan pokoknya dijamin oleh UU SUN, sehingga setiap tahunnya pemerintah menganggarkan pembayaran kupon maupun pokoknya dalam APBN.

Baca juga: Mengenal Apa Itu IHSG, Fungsi, dan Cara Membacanya

Perlu diketahui bahwa produk surat utang negara bisa dijadikan sebagai agunan dan dijual setiap saat apabila pemiliknya membutuhkan dana.

Penjualan dan penawaran SUN seperti obligasi negara di pasar primer biasanya dilakukan lewat lelang yang diikuti oleh peserta sesuai persyaratan.

Demikian ulasan mengenai apa itu arti surat utang negara, jenis, dan keuntungannya. Sebelum memutuskan untuk memilih suatu investasi, pastikan telah memahami investasi tersebut dan tetap sesuaikan dengan profil masing-masing.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Saham dan Jenisnya

Baca juga: Mengenal Apa Itu Investasi Reksadana dan Jenisnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com