Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba LRT Jabodebek, dari Dukuh Atas ke Jati Mulya Bekasi Hanya 48 Menit

Kompas.com - 06/07/2023, 14:44 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - LRT Jabodebek melakukan uji  coba tanpa penumpang (trial run) sebelum uji coba dengan penumpang secara terbatas atau soft launching pada 12 Juli 2023.

Pada Kamis (6/7/2023), Kompas.com mendapatkan kesempatan untuk ikut merasakan uji coba LRT Jabodebek dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta ke Stasiun Jati Mulya, Bekasi.

Perjalanan dari Stasiun Dukuh Atas dimulai pukul 11.13 WIB dan sampai Stasiun Jati Mulya pukul 12.01 WIB sehingga waktu tempuhnya sekitar 48 menit.

Baca juga: Kemenhub Pastikan Izin Operasi LRT Jabodebek Terbit Pekan Depan

"(Waktu tempuh) lebih kurang 45 menit," ujar Manager Public Relations Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo kepada wartawan di sela uji coba, Kamis (6/7/2023).

Dia mengungkapkan, pada uji coba hari ini kecepatan LRT Jabodebek rata-rata 80 kilometer per jam dengan waktu berhenti di setiap stasiun sekitar 30 detik sampai 1 menit.

"Jadi kecepatan operasional itu maksimal 80 kilometer per jam tapi tentunya tidak akan sama dari satu titik ke titik yang lainnya karena jarak antar stasiun juga berbeda-beda ya. Jadi makin dekat jarak stasiun pasti kecepatannya juga tidak akan sama dengan stasiun lainnya," jelasnya.

Baca juga: Tiga Catatan MTI Jelang Operasional LRT Jabodebek 18 Agustus 2023

Kuswardojo menjelaskan, kecepatan LRT Jabodebek telah diatur oleh sistem agar dapat disesuaikan dengan jarak dari satu kereta dengan kereta lainnya.

Dengan demikian, meskipun pada saat uji coba terjadi hujan maka kecepatan tidak akan berubah. Namun dia memastikan akan tetap aman.

"Kecepatan tidak akan berubah karena memang dalam perjalanan ini semua akan diatur by sistem. Jadi kalau jadwalnya dia berjalan 30 kilometer per jam ya tetap ikuti itu," tuturnya.

Baca juga: Beroperasi Komersial 18 Agustus, Tarif LRT Jabodebek Jarak Terjauh Rp 20.000-Rp 25.000

Sebagai informasi, satu rangkaian LRT Jabodebek memiliki 6 kereta atau gerbong. Adapun kapasitasnya sekitar 1.308 penumpang dimana 174 penumpang duduk dan sisanya berdiri.

Pada 12 Juli nanti LRT Jabodebek akan diujicoba dengan penumpang secara terbatas atau soft launching. Kemudian pada 18 Agustus 2023 akan dioperasikan secara berbayar.

Baca juga: Mau Ikut Uji Coba LRT Jabodebek 12 Juli? Wajib Tahu 5 Hal Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com