Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diundur, Uji Coba LRT Jabodebek untuk Masyarakat Umum Dibuka 29 Juli

Kompas.com - 18/07/2023, 11:11 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan uji coba opersional terbatas LRT Jabodebek untuk masyarakat umum diundur dari 27 Juli menjadi 29 Juli 2023.

Hal ini lantaran uji coba LRT Jabodebek dihentikan sementara selama 17-20 Juli 2023 karena sistem LRT perlu diperbaiki dan disempurnakan.

Kepala Divisi LRT Jabodebek Mochamad Purnomosidi berharap proses penyempurnaan sistem LRT Jabodebek ini dapat dipercepat sehingga uji coba untuk masyarakat bisa dilakukan sebelum 29 Juli.

"Iya (ditunda). Kemungkinan iya (tanggal 29 Juli), tapi semoga lebih cepat ya," ujarnya kepada media melalui sambungan telepon, dikutip Selasa (18/7/2023).

Baca juga: Uji Coba LRT Jabodebek Dihentikan, KAI: Ada Software yang Harus Kami Inject

Pasalnya selama uji coba dihentikan, LRT Jabodebek tidak hanya akan melaksanakan pembaruan sistem tetapi juga harus dilakukan trial run selama 21-23 Juli untuk memastikan sistem yang diperbarui berfungsi dengan baik.

Setelah itu, uji coba operasional terbatas akan dimulai pada 25 Juli untuk peserta undangan dimana mulanya uji coba untuk undangan ini seharusnya dilaksanakan selama 12-26 Juli 2023.

Selanjutnya, barulah uji coba operasional untuk masyarakat umum dapat dimulai pada 29 Juli dari semula seharusnya dilaksanakan pada 27 Juli-15 Agustus 2023.

"Jadi kami mengambil estimasi terpanjang. Karena yang di-inject ada yang di stasiun, ada yang di posisi di trainset, kalau itu bisa lebih cepat berarti uji cobanya akan lebih cepat," ucapnya.

Sebagai informasi, uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek telah berlangsung selama 5 hari pada 12-16 Juli kemarin.

Kemudian, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan melakukan Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Uji Coba Terbatas LRT Jabodebek pada Sabtu (15/7/2023).

Hasil dari rapat evaluasi tersebut, secara umum uji coba berjalan lancar. Namun ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk perbaikan termasuk penyempurnaan pada sistem software.

Guna memaksimalkan proses penyempurnaan sistem tersebut, uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek dengan undangan baik komunitas maupun masyarakat umum akan dihentikan sementara pada 17-20 Juli 2023.

Baca juga: KAI Sebut LRT Jabodebek Bakal Balik Modal dalam 13 Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com