Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Harga Naik Selama Ramadhan 2024, Begini Cara Ritel Mendapat Keuntungan

Kompas.com - 28/03/2024, 16:14 WIB
Anis Nur Aini,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu penyedia layanan software enterprise resource planning (ERP), Ukirama, mencatat peningkatan permintaan konsumen yang signifikan selama Ramadhan 2024 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Temuan itu selaras dengan data dari Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) yang mencatat peningkatan permintaan sebesar 30 persen di kalangan peritel.

“Konsumen kami, terutama di sektor makanan dan minuman, telah mengantisipasi lonjakan permintaan sekitar 30 persen. Pada masa Ramadhan dan Lebaran ini, sistem atau software bisnis seperti ERP jadi sangat penting,” ujar Direktur Ukirama Kevin Eka Putra dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (28/3/2024).

Menurutnya, perusahaan-perusahaan ritel berpotensi mendapatkan keuntungan dengan pengelolaan stok yang baik. Salah satunya, melalui penggunaan aplikasi ERP.

Perangkat lunak tersebut, lanjutnya, dapat memudahkan perusahaan memprediksi tren atas permintaan konsumen berdasarkan data dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan begitu, stok dan arus kas dapat dipersiapkan.

“Bisnis ritel dan distributor juga dapat mengatasi perubahan cepat dalam stok bahan baku dan barang, dengan menggunakan fitur manajemen gudang (supply chain) dari ERP,” imbuh Kevin.

Menurut data Ukirama, pada 2023, banyak perusahaan yang menerima lonjakan pesanan pada minggu kedua bulan puasa.

Kevin menuturkan, kenaikan permintaan yang datang “terlambat” itu dapat diatasi dengan sistem ERP yang mampu memantau penjualan secara real time di setiap cabang.

Menurutnya, kenaikan permintaan berbagai komoditas pada 2024 terbilang wajar karena sudah terdeteksi satu bulan sebelum Ramadhan. Kenaikan harga dan permintaan selama Ramadhan juga tercermin dari harga bahan pokok seperti beras.

“Terlebih pada 2024, diperkirakan terjadi peningkatan permintaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan satu hingga dua tahun sebelumnya. (Hal ini disebabkan) daya beli masyarakat yang membaik sejak pulih dari dampak pandemi,” tutur Kevin.

Sejak 2016, Ukirama terus membuat inovasi dengan menghadirkan software ERP yang canggih, mudah digunakan, serta didukung tim support yang andal.

Dengan berbagai modul, seperti dashboard business intelligence, inventory management, manufacturing, hingga payroll, Ukirama ERP saat ini sudah digunakan oleh ratusan perusahaan dan ribuan pengguna di Indonesia dari berbagai industri mulai dari ritel, restoran dan kafe, manufaktur, retail, kontraktor, hingga distributor.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com