Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Kartu Debit, Jenis, Kegunaan, dan Bedanya dengan Kredit

Kompas.com - 03/07/2024, 14:24 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Kartu debit adalah alat pembayaran elektronik yang diterbitkan oleh bank dan terhubung langsung dengan rekening tabungan pemiliknya. Setiap nasabah yang membuka rekening tabungan, lazimnya akan mendapatkan kartu ini.

Mengutip lama Investopedia, nama lain kartu debit adalah kartu ATM. Ini karena kartu ini bisa digunakan untuk menarik uang tunai dari mesin ATM.

Kartu debit juga dapat digunakan untuk membeli barang atau jasa di toko fisik maupun online, serta memungkinkan pemegang kartu untuk mentransfer dana ke rekening lain melalui ATM atau aplikasi mobile banking.

Baca juga: Letak Nomor Kartu Debit BNI dan Cirinya, Jangan Keliru

Cara kerja kartu debit

Kartu debit adalah kartu yang terhubung dengan rekening giro atau tabungan nasabah. Kartu ini tampak seperti kartu kredit, tetapi cara kerjanya berbeda.

Jumlah uang yang dapat nasabah belanjakan dengan kartu debit ditentukan oleh jumlah dana di rekening, bukan oleh batas kredit seperti yang berlaku pada kartu kredit.

Kartu debit Anda dapat terhubung secara elektronik ke rekening Anda. Tidak seperti kartu kredit, Anda tidak akan berutang saat menggunakan kartu debit karena Anda menggunakannya untuk mengakses dana yang sudah Anda miliki.

Anda tidak perlu melakukan pembayaran minimum bulanan pada kartu debit karena tidak ada utang yang harus dibayar.

Nasabah juga dapat menggunakan kartu debit untuk menarik uang tunai dari ATM, atau Anda dapat melakukan pembelian dengan kartu tersebut seperti Anda melakukan pembelian dengan kartu kredit.

Baca juga: Adakah Cara Mengetahui PIN ATM dari Nomor Kartu ATM

Dengan kartu debit, Anda juga perlu memasukkan PIN (nomor identifikasi pribadi)
, meskipun banyak kartu debit dapat digunakan untuk melakukan pembelian tanpa PIN.

Kartu debit menarik dana langsung dari rekening yang terafiliasi. Jadi, pengeluaran Anda terbatas pada jumlah yang tersedia di rekening giro Anda, dan jumlah uang yang harus Anda belanjakan akan berfluktuasi seiring dengan saldo rekening Anda.

Kegunaan kartu debit

Kartu debit memiliki berbagai kegunaan yang memudahkan transaksi keuangan sehari-hari. Berikut adalah beberapa kegunaan utama kartu debit:

1. Pembayaran di toko

Manfaat kartu debit adalah dapat digunakan untuk membayar pembelian di supermarket, restoran, toko pakaian, dan berbagai tempat lainnya yang menerima kartu debit.

Gesek atau masukkan kartu ke mesin EDC (Electronic Data Capture), kemudian masukkan PIN untuk menyelesaikan transaksi.

2. Pembayaran online

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com