Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Corona, Ini yang Dilakukan PD Pasar Jaya

Kompas.com - 05/03/2020, 21:36 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PD Pasar Jaya mempersiapkan alat pendeteksi suhu tubuh dan berbagai alat untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di pasar.

"Tetapi kami bergerak terus. Jadi thermal detector-nya kami masih terus beli. Kemudian hand sanitizer sudah ada di depan pintu masuk pasar," ujar Dirut PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin ditemui di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Antisipasi tersebut, lanjut Arief, sudah dilakukan di 44 pasar dari total 153 tempat. Selain itu, disetiap pasar juga telah disediakan mobil ambulan yang bisa digunakan bila dibutuhkan.

Baca juga: Sulitnya Bahan Baku Bikin Pedagang Jual Masker dengan Harga Tinggi

Bahkan kata dia, PD Jaya juga menyiapkan posko kesehatan hingga crisis center. Sementara petugas kesehatan akan bekerja sama dengan petugas puskesmas terdekat.

Sebelumnya. Presiden Joko Widodo, pada Senin (2/3/2020) lalu, resmi mengumumkan adanya dua kasus virus corona di Indonesia. Dalam pengumuman itu, disebutkan dua WNI sempat kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia.

Adapun warga negara Jepang itu terdeteksi virus corona saat tiba di Malaysia.

Baca juga: Direktur Pasar Jaya: Stok Masker Aman, hingga 1 Juta Lembar

Adanya kasus corona tersebut, membuat Indonesia masuk dalam peta persebaran virus corona jenis baru atau Covid-19.

Sementara itu, lebih dari separuh pasien yang terinfeksi Covid-19 sembuh. Angka pasien yang sembuh di seluruh dunia pun terus bertambah. Hingga hari ini, jumlah pasien yang sembuh sedikitnya 53.688 orang.

Jumlah pasien sembuh itu bertambah lebih kurang 2.700 orang dalam waktu 24 jam. Sementara total orang yang terinfeksi ada 95.481 orang dengan angka kematian 3.286 orang.

Baca juga: Starling Kini Punya Pesaing, Startup Ini Jual Kopi Pakai Sepeda Listrik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com