Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Program Ini, Para Karyawan PLN Luncurkan Inovasi Ketenagalistrikan

Kompas.com - 20/10/2020, 15:32 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) menggelar acara Learning, Innovation, Knowledge, and Exhibition (LIKE) 2020. Acara tersebut digelar sebagai ajang kompetisi karya-karya inovasi dari unit-unit dan anak usaha PLN seluruh Indonesia.

Pada tahun ini, karya inovasi di lingkungan PLN terbagi menjadi lima kategori yaitu Pembangkitan, Transmisi, Distribusi, Technical Supporting, dan Proses Bisnis Manajemen, serta bidang strategis yang diikuti oleh senior leader.

Dari total 308 karya inovasi, PLN telah memilih 34 karya yang akan dinilai langsung oleh para dewan juri.

Baca juga: PLN Bangun PLTS di Pulau Paling Utara di Kepulauan Seribu

Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini mengatakan, saat ini pihaknya telah mencanangkan transformasi baru yaitu Green, Lean, Innovative dan Customer Focused.

Melalui program ini diharapkan dapat merealisasikan transformasi tersebut.

“Melalui acara LIKE PLN ini, kita dapat terus mengembangkan inovasi-inovasi terbaik PLN dalam menjawab tantangan industri 4.0,” ujarnya dalam gelaran acara LIKE, Selasa (20/10/2020).

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif menilai kegiatan ini dapat menjadi energi optimisme dalam rangka mendorong semangat inovasi dan meningkatkan kinerja pegawai.

“Semangat ini menjadi upaya PLN mewujudkan bisnis ketenagalistrikan yang lebih sehat dan memberikan manfaat yang lebih optimal bagi masyarakat bangsa dan negara,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro mengatakan, pembangkit EBT dan electricity storage menjadi peluang, tantangan dan menjadi agenda riset strategis yang harus dijawab oleh lembaga penelitian dan pengembangan ketenagalistrikan.

Baca juga: Rincian Pelanggan PLN yang Tarif Listriknya Turun di Oktober-Desember

Di era new normal, PLN diharapkan dapat terus berinovasi untuk menjawab ekspektasi pelanggan untuk menjadi cepat dan responsif dengan menggunakan teknologi baru dan transformasi digital.

“Kemenristek/BRIN mendukung PLN untuk terus berinovasi guna mencapai transformasi Indonesia menjadi negara dengan ekonomi berbasis Inovasi,” kata Bambang.

Sebagai informasi, seleksi tahun ini merupakan penyelenggaraan seleksi tahun ke 23 sejak pertama kali diadakan pada tahun 2009. Sampai saat ini sudah dihasilkan sebanyak 2256 karya inovasi dari seluruh unit PLN dan anak perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com