Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Beroperasi, Modalku Himpun Pendanaan hingga Rp 22,36 Triliun

Kompas.com - 30/03/2021, 15:37 WIB
Elsa Catriana,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform P2P Lending Modalku berhasil mencatatkan pendanaan sebesar Rp 22,36 triliun selama lima tahun mengembangkan usahanya.

Co-Founder & COO Modalku Iwan Kurniawan mengatakan, angka ini diraih dari ekspansi bisnis yang dilakukan Modalku di empat negara besar.

"Kami sudah berhasil melebarkan sayap ke 4 negara besar, seperti Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Bahkan di bulan Februari 2021 ini kami juga sudah melebarkan sayap ke Thailand dan sudah mendapatkan lisensi juga dari pemerintah setempat," ujar Iwan dalam jumpa pers Modalku secara virtual, Selasa (30/3/2021).

Baca juga: Survei Modalku: Hanya 27 Persen UMKM yang Bisa Akses Pinjaman ke Lembaga Keuangan Konvensional

Iwan mengatakan, saat ini total pinjaman yang disalurkan Modalku mencapai Rp 4 juta, naik dua kali lipat dari tahun lalu.

Begitu pun dengan total lender atau pemberi pinjaman yang naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

"Total lender seperti saya ini atau yang memberi pinjaman di tahun lalu itu ada 100.000 dan kini naik dua kali lipat menjadi 200.000 lender," ucapnya.

Sementara itu, dari sisi portofolio, Modalku akan fokus menggarap portofolio dari industri perdagangan, pengusaha, online hingga kesehatan.

Baca juga: Enggan Rambah Sektor Konsumtif, Ini Alasan Modalku

Apalagi, kata Iwan, di tengah pandemi ini, industri seperti perdagangan hingga kesehatan banyak diincar oleh masyarakat.

"Kami akan fokus dengan itu dan fokus dengan kebutuhan dan tujuan masyarakat. Kami ingin lebih membantu para UMKM untuk mendapatkan pinjaman modal," ucap Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com