Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Cair Rp 900 Miliar, Sri Mulyani Akui Penyaluran Insentif Nakes Daerah Terkendala

Kompas.com - 12/07/2021, 18:56 WIB
Fika Nurul Ulya,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui pembayaran insentif untuk tenaga kesehatan/medis masih mengalami kendala.

Dari anggaran Rp 8,1 triliun, insentif tersebut baru cair sekitar Rp 900 miliar atau 11,1 persen hingga semester I 2021.

"Insentif nakes di daerah juga masih mengalami kendala pembayarannya. Dari Rp 8,1 triliun alokasi yang sudah kita berikan, baru Rp 900 miliar yang dibayarkan atau 11,1 persen," kata Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Senin (12/7/2021).

Baca juga: Sri Mulyani Sudah Siapkan Skenario Perpanjangan PPKM Darurat Hingga 6 Minggu

Tak hanya insentif, serapan anggaran kesehatan lainnya di daerah pun terkendala. Dia merinci, penyerapan APD, suplemen, pengadaan makanan, dan obat-obatan baru mencapai 10 persen dari pagu Rp 10,7 triliun.

Begitu juga dengan anggaran vaksinasi. Tercatat, dana vaksinasi baru terserap Rp 400 miliar atau 5,8 persen dari yang disiapkan Rp 6,5 triliun.

"Ada anggaran Rp 1,1 triliun untuk PPKM kelurahan dan pos komandonya, juga baru terserap Rp 1 miliar. Padahal (stakeholder) ini juga jadi kunci keberhasilan PPKM Darurat di tingkat kelurahan," pungkas Sri Mulyani.

Untuk itu, dia meminta Pemda mengakselerasi apa yang sudah dianggarkan.

Dia bahkan sudah berbicara dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk membantu penyerapan anggaran baik di pusat maupun daerah.

Baca juga: Pencairan Insentif Nakes Sempat Terlambat, Ini Penjelasan Sri Mulyani

Adapun di pusat, pemerintah sudah membayar Rp 1,42 triliun tunggakan insentif dan santunan nakes tahun 2020 sebesar Rp 4,65 triliun.

Hingga 9 Juli 2021, insentif sudah terealisasi Rp 2,9 triliun untuk 375.000 nakes. Sementara santunan untuk 166 nakes yang meninggal sudah mencapai Rp 49,8 miliar.

"Saya sudah cek (bersama) Pak Menkes (Budi Gunadi Sadikin) yang nakes pusat itu sudah diselesaikan. Yang nakes daerah masih akan terus dilakukan beberapa," pungkas Sri Mulyani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com