Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaim Gempa Cianjur Sampai Rp 15,3 Miliar, Maipark: Asuransi Gempa Bumi Bakal Tumbuh Tahun Depan

Kompas.com - 13/12/2022, 21:40 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Reasuransi Maipark Indonesia mengatakan, asuransi gempa bumi berpotensi akan semakin meningkat tahun depan. Hal ini seiring dengan rentetan kejadian gempa bumi yang belakangan terjadi menyusul Gempa di Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Teknik PT Reasuransi Maipark Indonesia Heddy Agus Pritasa menjelaskan, sampai 7 Desember 2022 terdapat 167 laporan klaim asuransi gempa bumi yang masuk ke Maipark.

"Nilai pertanggungannya sebesar Rp 63 triliun dan nilai klaimnya Rp 15,3 miliar," kata dia kepada Kompas.com, Selasa (13/12/2022).

Baca juga: Ini Tiga Cara Kembalikan Kredibilitas Asuransi di Mata Masyarakat

Ia menambahkan, klaim tersebut didominasi oleh beberapa sektor. Misalnya, klaim dari okupasi komersial tercatat sebanyak 135 laporan.

Heddy menjelaskan, klaim tersebut mencakup gedung kantor, vila, apartemen, dan ruko. Selanjutnya, terdapat 30 klaim untuk gudang, pabrik plastik, dan pabrik furniture.

"Sisanya 20 adalah rumah tinggal," imbuh dia.

Dengan adanya rentetan gempa bumi yang terjadi belakangan, Heddy memprediksi, tren peningkatan asuransi gempa bumi akan tumbuh tahun depan.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

"Seperti peristiwa gempa sebelumnya, umumnya pembelian produk (asuransi) gempa bumi akan meningkat setelah adanya gempa besar," jelas dia.

Untuk itu, Heddy mengimbau, perlu adanya peningkatan kesadaran di kalangan masyarakat untuk dapat memahami pentingnya asuransi gempa bumi.

"Melalui literasi keuangan khususnya gempa bumi dan bencana alam lainnya," pungkas dia.

Baca juga: Derita Korban Gagal Bayar Wanaartha Life, Uang Pensiun dan Hasil Jual Perhiasan Ludes Jadi Polis Asuransi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com