Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT SMI Terbitkan Obligasi Tahap III Senilai Rp 2 Triliun

Kompas.com - 12/04/2023, 17:09 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) melakukan penawaran umum berkelanjutan (PUB) Obligasi Berkelanjutan III Sarana Multi Infrastruktur Tahap III Tahun 2023.

Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad mengatakan, outstanding obligasi hingga saat ini, PT SMI masuk dalam top 5 corporate bonds issuer di Indonesia.

Pada PUB Obligasi Berkelanjutan III Sarana Multi Infrastruktur Tahap III Tahun 2023, PT SMI membuka kesempatan kepada potential investors untuk berpartisipasi dalam penerbitan obligasi dengan peringkat idAAA (Triple A) yang dikeluarkan oleh Pefindo dengan target total penerbitan Rp 2 triliun pada tahap III ini.

PUB Obligasi Berkelanjutan III Sarana Multi Infrastruktur Tahap III Tahun 2023 merupakan kesatuan bagian dari PUB Obligasi Berkelanjutan III yang telah dibentuk sebelumnya dengan total fasilitas Rp 20 triliun.

Baca juga: Seberapa Menarik Investasi di Obligasi Negara Fixed Rate?

"Apresiasi setinggi-tinggingnya kami sampaikan kepada para investor atas capaian kinerja PT SMI hingga saat ini dan ke depan kinerja PT SMI akan dapat terus terjaga," ujar dia dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (12/4/2023).

Sementara, Direktur Operasional dan Keuangan PT SMI Darwin Trisna Djajawinata menerangkan, aset PT SMI pada akhir tahun 2022 ada sebesar Rp 117,1 triliun.

Adapun, total nilai komitmen dan outstanding pembiayaan masing-masing mencapai sebesar Rp 145,1 triliun dan Rp 93,9 triliun, atau bertumbuh 16 pesen dan 17 persen dari tahun sebelumnya.

Sementara, non-performing loan (NPL) tercatatada di angka 0,34 persen (net).

"Menunjukkan pelaksanaan prinsip pengelolaan risiko yang komprehensif oleh PT SMI sehingga menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kualitas aset yang baik," tandas dia.

Berikut ini adalah tenor dan timeline penerbitan obligasi PT SMI sebagai berikut.

Tenor & range kupon:

  • 1 Tahun: 5,70-6,30 persen
  • 3 Tahun: 6,50-7,25 persen
  • 4 Tahun: 6,50-7,35 persen

Jadwal (indikatif):

  • Penawaran : 4-14 April 2023
  • Pembayaran : 16 Mei 2023
  • Distribusi : 17 Mei 2023

Baca juga: Mana Lebih Cuan, Obligasi Fixed Rate atau Deposito?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com