Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Permudah Transfer dan Tarik Tunai Uang Remitansi TKI

Kompas.com - 27/06/2023, 19:35 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi dompet digital Dana bekerja sama dengan Ria Money Transfer mempermudah tenaga kerja Indonesia (TKI) untuk melakukan transaksi transfer dari luar negeri ke Indonesia atau disebut remitansi.

Direktur Penempatan Non-Pemerintah Kawasan Asia dan Afrika Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Sri Andayani mengatakan, rata-rata pekerja migran yang tidak berbadan hukum itu belum memiliki rekening bank (unbankable), sebaliknya yang bekerja berbadan hukum sudah bankable.

"Misalkan Malaysia yang bekerja di perusahaan kilang, gaji itu sudah dibayarkan melalui bank. Namun yang bekerja di pengguna perseorangan itu lebih banyak gajinya masih hand by hand. Ini menjadi PR (pekerjaan rumah) pemerintah," katanya saat menghadiri kerja sama sekaligus peluncuran inovasi Dana bersama Ria Money Transfer tersebut di Jakarta, Selasa (27/6/2023).

Baca juga: Tahun Ajaran Baru, Simak 4 Strategi Persiapkan Dana Pendidikan Anak

Dia mengatakan dengan kemudahan yang diberikan oleh Dana akan menjadi solusi bagi pekerja migran Indonesia yang belum memiliki rekening bank tetapi ingin mengirim uang ke Tanah Air.

"Banyak dari keluarga PMI belum memiliki rekening, sehingga alternatif pengiriman uang yang masuk ke Dana bisa menjadi solusi pada saat ini. Kemudahan pembukaan akses keuangan oleh Dana juga memberikan manfaat bagi peningkatan inklusi keuangan," ucap Sri Andayani.

Dalam kesempatan itu, Chief of Product Dana Indonesia, Rangga Wiseno menuturkan, berbagai inovasi Dana saat ini bermuara pada kebutuhan para pengguna.

Baca juga: Mulai 1 Juli, Bayar Tiket MRT Jakarta Tidak Bisa Pakai Gopay, OVO, DANA, dan LinkAja

"Melalui kerja sama ini, kami percaya bahwa keikutsertaan Daan dan Ria Money Transfer dalam mendukung penyelenggaraan remitansi mampu berperan serta dalam memberikan solusi keuangan serta membuka berbagai kesempatan baru di kehidupan pekerja migran maupun keluarganya," ucap Rangga.

Harapannya, efisiensi yang ditawarkan dompet digital Dana ini dapat menstabilkan performa remitansi di masa yang akan datang serta ikut meningkatkan literasi maupun inklusi keuangan masyarakat.

Saat ini, layanan remitansi lewat Dana dan Ria Money Transfer dapat dilakukan oleh pekerja migran Indonesia di beberapa negara, di antaranya Malaysia, Arab Saudi, Singapura, Hong Kong, dan Taiwan.

Baca juga: WSBK Mandalika Masih Butuh Suntikan Dana Pemerintah

Pekerja migran Indonesia yang merupakan nasabah RIA Money Transfer atau disebut beneficiary, dapat mengirim uang ke Tanah Air dengan menyetor melalui layanan Ria Money Transfer hanya dengan memasukan nomor telepon.

Kemudian, penerima remitansi diharuskan memiliki akun dan menggunakan aplikasi Dana untuk menerima uang sesuai nominal yang disetorkan.

Uang yang akan diterima dalam bentuk saldo Dana. Bagi keluarga penerima remitansi yang ingin tarik tunai bisa melakukan penarikan di Alfamart, Pegadaian, dan Lawson.

Baca juga: BTN Targetkan Bisa Raup Dana Murah Capai Rp 200 Triliun di 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com