Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2023, 17:45 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) melihat semakin banyak masyarakat Indonesia memahami akan pentingnya berinvestasi untuk masa depan.

Data Statistik Pasar Modal Indonesia menunjukkan pertumbuhan jumlah investor indonesia sebesar 4,39 persen pada Maret 2023 secara tahunan (yoy).

Direktur BCA Haryanto T. Budiman mengatakan, hal ini sejalan dengan Asset Under Management Investasi BCA yang mengalami pertumbuhan melebihi 40 persen di periode tersebut.

Baca juga: Simak Rincian Kurs Rupiah Hari Ini di CIMB Niaga hingga BCA

“Dalam berinvestasi, diversifikasi penting untuk dilakukan. Produk investasi yang mempertimbangkan aspek environment, social, and governance (ESG) dapat menjadi salah satu solusinya," ujar dia dalam keterangan resmi, Kamis (6/7/2023).

Ia menjelaskan, perusahaan yang menerapkan aspek ESG juga cenderung memiliki ketahanan yang tinggi pada masa krisis dan dapat menciptakan value maupun keuntungan dalam jangka panjang.

Untuk itu, BCA menggandeng manajer investasi PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen (BPAM) menawarkan produk investasi dalam denominasi dollar AS (USD) berbasis syariah dengan tema ESG, yaitu Reksa Dana Batavia Global ESG Sharia Equity USD (BGESEU).

Baca juga: Cara Transfer BCA ke Blu dan Sebaliknya Tanpa Biaya Admin

Presiden Direktur BPAM Lilis Setiadi menyampaikan, perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan ESG cenderung dikelola dengan baik, serta cenderung terhindar dari potensi sanksi akibat pelanggaran hukum, juga tuntutan dari pelanggan dan karyawan.

BPAM juga menggandeng Blackrock, salah satu manajer investasi sebagai penasihat teknis yang memiliki teknologi serta sumber daya riset.

Sebagai informasi, Blackrock memiliki dana kelolaan mencapai senilai 8,5 triliun dollar AS per 31 Desember 2022.

Baca juga: Lowongan Kerja Bank BCA untuk Fresh Graduate, Simak Persyaratannya

Adapun, pengelolaan portofolio investasi BGESEU akan berinvestasi pada saham perusahaan global, yang sudah menerapkan ESG, yang bergerak pada berbagai sektor seperti sektor teknologi informasi, kesehatan, hingga material dan industri.

Sebagai informasi, reksa dana BGESEU dapat diperoleh melalui kantor cabang BCA yang melayani transaksi investasi.

Selain itu, untuk nasabah yang ingin membeli melalui fitur Welma di aplikasi myBCA, pastikan rekening investasi Reksa Dana USD nasabah sudah terkoneksi dengan fitur Welma di aplikasi myBCA.

Baca juga: Tarif QRIS Usaha Mikro Naik, Ekonom: Pedagang Bakal Ikut Naikkan Harga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com