Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciputra Group Bakal Bangun Kawasan Terpadu di IKN

Kompas.com - 07/07/2023, 21:10 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Citra Kotabaru Nusantara (Ciputra Group) akan bangun Kawasan terpadu di Ibu Kota Nusantara (IKN). Kawasan terpadu tersebut terdiri dari perumahan, hotel, lapangan golf, meeting, incentive, conference and exhibition (MICE) dan kebun raya.

Hal tersebut disampaikan oleh Managing Director Ciputra Group Budiarsa Sastrawinata pada acara Penandatanganan Kesepakatan Kerja Sama antara PT Citra Kotabaru Nusantara dengan PT Bina Karya (Persero) di Kantor Pusat Ciputra Group, Jakarta, pada Kamis (6/7/2023).

"Penandatanganan kesepakatan kerja sama ini merupakan milestone yang sangat berarti bagi kami. Karena akhirnya kami bisa menindaklanjuti konsep pengembangan yang sudah lama kami siapkan untuk diimplementasikan di IKN," ujar Managing Director Ciputra Group Budiarsa dalam siaran pers Otorita IKN.

Baca juga: Otorita IKN Tawarkan Beragam Skema Pembiayaan Investasi ke Calon Investor Kazakhstan

Direktur Utama PT Bina Karya (Persero) Boyke P. Soebroto mengatakan, Ciputra Group tahun lalu, sudah menyatakan kesiapan dan komitmennya untuk melakukan investasi di IKN sebagai bagian dari peran swasta dalam pembangunan di sana.

"Ciputra Group selalu berhasil membangun sesuatu yang membuat orang amazed. Semoga dengan adanya kerja sama ini, hal yang sama akan dirasakan orang lain saat mengunjungi IKN nanti," ungkap dia.

Pembangunan kawasan terpadu oleh Ciputra Group ini diharapkan dapat dimulai secepatnya setelah peletakan batu pertama atau groundbreaking selesai dilakukan.

"Semoga investasi ini berjalan dengan baik dan menghasilkan sesuatu yang luar biasa bagi IKN," pungkas Boyke.

Baca juga: 256 Calon Investor Tertarik Investasi di IKN, Sektor Infrastruktur dan Energi Paling Diminati

Selain Ciputra Group, komitmen pembangunan fasilitas publik seperti hotel, rumah sakit, resort telah disepakati oleh beberapa perusahaan swasta yakni PT Medikaloka Hermina Tbk, Vasanta Group, dan PT ARCS House Wisata Indonesia (Jambuluwuk).

Hermina berencana membangun rumah sakit bertaraf internasional, sedangkan Vasanta Group dan Jambuluwuk akan membangun hotel bintang 4 serta resort di ibu kota negara baru Indonesia.

Baca juga: Perlengkap Fasilitas di IKN, Jambuluwuk Mau Bangun Hotel dan Resort

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com