Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Hemat Energi dan Air, Plaza Mandiri Juara 1 ASEAN Energy Awards 2023 Kategori Retrofitted Building

Kompas.com - 29/08/2023, 16:43 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bank Mandiri terus berupaya melakukan efisiensi dalam operasional bisnis sejalan dengan komitmen environment, social, and governance (ESG), termasuk dalam penggunaan energi. 

Paling baru, kantor pusat Bank Mandiri, yaitu Plaza Mandiri, meraih Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) Energy Awards 2023 pada kategori Retrofitted Building. 

Panel juri memberikan penghargaan kepada PT Gedung Bank Exim (GBE), yakni pengelola gedung Plaza Mandiri, atas inisiatif pengelolaan gedung yang ramah lingkungan sehingga berhasil mengurangi emisi karbon

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar mengungkapkan, pencapaian itu membuktikan Bank Mandiri telah berada pada jalur yang tepat dalam upaya merealisasikan target Net Zero Emission (NZE) pada 2030.

“Sebagai dukungan pada pencapaian target NZE 2060 pemerintah, kami terus mengeksekusi berbagai inisiatif strategis ESG di berbagai aspek,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (29/8/2023). 

Baca juga: Lakukan Efisiensi Energi, Plaza Mandiri Pasang Panel Surya

Alexandra menyebutkan, upaya mencapai keseimbangan emisi karbon menjadi netral di sisi operasional dilakukan melalui pengelolaan gedung yang hemat energi listrik dan air. 

“Ini sesuai dengan sustainable operation yang merupakan satu dari tiga pilar ESG di Bank Mandiri,” katanya.

Penghargaan Juara Pertama gedung dengan efisiensi energi terbaik se-Asia Tenggara ini diberikan dalam acara Gala Dinner and Awarding Ceremony of 2023 ASEAN Energy Awards di Bali Nusa Dua Convention Center, Jumat (25/8/2023). 

Acara penghargaan itu merupakan rangkaian acara ASEAN Ministers on Energy Meeting ke-41 di Bali pada 22-26 Agustus 2023.

Plaza Mandiri berhasil mengungguli berbagai properti lain di seluruh Asia Tenggara, meliputi Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Singapura. 

Baca juga: Gandeng Srikandi BUMN, Bank Mandiri Paparkan Peran BUMN kepada Ribuan Mahasiswa UB Malang

Direktur Utama GBE Gempur Soesetyo Hadi mengatakan, keberhasilan gedung yang dihuni 7.500 orang itu meraih penghargaan bergengsi tersebut tak terlepas dari upaya GBE melakukan retrofit.

Upaya itu dilakukan melalui pembaruan teknologi pada sistem pendingin ruangan (air conditioning/AC), pencahayaan, transportasi vertikal (lift), dan penghematan konsumsi air bersih. 

“Sejak program retrofit dimulai pada 2017 hingga 2022, konsumsi energi Plaza Mandiri telah berkurang 31,6 persen dan konsumsi air turun hingga 33 persen,” ujarnya. 

Penghematan energi terbesar disumbang pembaruan sistem AC, yakni sebesar 20,8 persen atau sebesar 2.334.043 kilowatt hour (kWh). 

Retrofit lainnya adalah penggantian chiller, air handling unit, dan penjadwalan serta pengendalian otomatis dengan building automation system (BAS).

Baca juga: Penyaluran Kredit Naik, Bank Mandiri: Kami Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com