Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Platform Rekrutmen Berbasis AI KUPU Raih Pendanaan Rp 91 Miliar

Kompas.com - 05/09/2023, 14:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - KUPU, perusahaan rintisan (startup) penyedia platform rekrutmen berbasis kecerdasan buatan (AI) di Indonesia, mengumumkan pendanaan terbaru senilai 6 juta dollar AS atau sekitar Rp 91 miliar. Putaran pendanaan ini dipimpin oleh Ascend Global Investment Fund (AGIF).

AGIF merupakan perusahaan dana ekuitas swasta yang dikelola oleh Ascend Capital Advisors (S) Pte Ltd. Fokus investasi AGIF adalah pada industri strategis seperti teknologi, bioteknologi, infrastruktur, dan pertambangan di kawasan Asia Pasifik.

Dengan pendanaan ini, AGIF masuk ke daftar investor KUPU yang di dalamnya terdapat nama besar seperti Sinar Mas Group.

Baca juga: Startup Climate Tech TruClimate Bantu Pelaku Bisnis Susun Laporan Pengurangan Emisi

CEO KUPU Haibo Zhou. DOK. KUPU CEO KUPU Haibo Zhou.

“Investasi ini merupakan wujud optimisme AGIF terhadap terhadap potensi industri teknologi rekrutmen di Indonesia dan kemampuan KUPU dalam menangkap potensi tersebut. KUPU berada di posisi strategis untuk menjembatani kebutuhan akan talenta berkualitas tinggi di negara dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat seperti Indonesia,” kata perwakilan AGIF.

Dengan pendanaan putaran terbaru, KUPU berencana untuk memperluas ekspansi pasar, memperkuat solusi rekrutmen berbasis AI, dan memberikan layanan yang lebih baik kepada basis pelanggan yang lebih besar lagi.

“Kami percaya bahwa seiring dengan kemajuan dan modernisasi dunia usaha di Indonesia, akan semakin banyak sektor industri baru yang lahir dan bertumbuh. Mereka tentu membutuhkan talenta yang tepat untuk bisa berkompetisi di era digital ini," tutur Haibo Zhou, CEO KUPU dalam keterangannya, Selasa (5/9/2023).

Menurut Zhou, peran KUPU sebagai jembatan dan mitra rekrutmen akan menjadi semakin penting, terutama agar pelaku bisnis bisa menemukan kandidat potensial yang tepat dan berkualitas di tengah banyaknya talenta di Indonesia.

Baca juga: Bidik Startup Teknologi, Superbank Tawarkan Fasilitas Pembiayaan hingga Rp 600 Miliar

Fokus utama KUPU adalah mentransformasi proses rekrutmen menjadi lebih mudah, akurat, dan efisien. Pasalnya, saat ini, mayoritas tenaga personalia (HR) masih kesulitan menemukan kandidat karyawan yang sesuai dengan kriteria perusahaan.

Biasanya, dalam satu lowongan kerja, ada 250 pendaftar yang mengirimkan CV atau resume mereka, 4 sampai 6 di antaranya akan terpilih ke tahap wawancara, dan hanya satu yang akan mendapatkan tawaran pekerjaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com