Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Kereta Cepat Bakal Lanjut, "Jarak" Jakarta-Surabaya Hanya 3,5 Jam

Kompas.com - 03/10/2023, 13:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana memperpanjang relasi kereta cepat Jakarta Bandung hingga ke Surabaya, Jawa Timur sehingga nantinya menjadi kereta cepat Jakarta-Surabaya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan perjalanan Jakarta-Surabaya dapat ditempuh dalam 3,5 jam jika proyek tersebut terealisasikan.

"Bayangkan ini cuma 25 menit sampai Padalarang, kalau sampai Surabaya 3,5 jam. Jadi itu menjadi suatu obsesi kita," ujarnya di Stasiun Halim, Jakarta, Senin (2/10/2023).

Baca juga: Bocorkan Rute Kereta Cepat Menuju Surabaya, Luhut: Lewati Kertajati, Jogja, Solo...

Dia bilang, saat ini perencanaan proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya tengah digodok oleh pemerintah untuk kemudian diteruskan oleh pemerintahan periode selanjutnya.

"Kita membuat suatu proposal juga, nanti diajukan. Bahwa nanti diputuskan oleh pemerintahan yang akan datang ya monggo, tapi kita sudah letakkan dasar-dasar dan rencana ke depan seperti itu," jelasnya.

Menurutnya, diteruskannya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sampai Surabaya dapat membuat moda transportasi canggih ini menjadi lebih efisien.

Baca juga: Bangun Kereta Cepat Jakarta-Bandung Habiskan Rp 112 Triliun, Lanjut Surabaya?

Sebab, kereta cepat ini memang seharusnya untuk transportasi jarak jauh, yaitu lebih dari 500 kilometer sedangkan saat ini panjang lintasan kereta cepat Jakarta-Bandung baru 142,3 kilometer.

Namun bukan berarti proyek KCJB menjadi sia-sia karena lintasan kereta cepat Jakarta-Bandung ini akan menjadi dasar dari keberlanjutan proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya.

"(Dalam proyek KCJB) kita meletakkan dasar, yang susah ya yang dasarnya itu," tukasnya.

Baca juga: Ngos-ngosan Bangun Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Mau Lanjut Surabaya?


Sebagai informasi, nantinya lintasan kereta cepat Jakarta-Surabaya akan melewati wilayah Bandara Kertajati, DI Yogyakarta, Solo, dan Surabaya.

"Presiden memerintahkan kita untuk membuat studi mengenai kelanjutan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sampai Surabaya, nanti melalui Kertajati, melalui Jogja, Solo, dan Surabaya," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat menghadiri acara Hub Space 2023 di JCC Senayan, Jumat (29/9/2023).

Baca juga: Proyek Kereta Cepat Disebut Tidak Balik Modal Sampai Kiamat, Rhenald Kasali Jawab Begini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com