Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krungsri dan Adira Finance Rampungkan Akuisisi Saham Home Credit Indonesia

Kompas.com - 03/10/2023, 19:03 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank of Ayudhya PCL atau Krungsri telah menyelesaikan akuisisi mayoritas saham atau sebesar 75 persen milik PT. Home Credit Indonesia (Home Credit).

Secara bersamaan, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) juga menyelesaikan akuisisi saham sekitar 9,83 persen.

Presiden dan Chief Executive Officer Krungsri Kenichi Yamato mengatakan, dengan akuisisi Home Credit di Indonesia, pihaknya hadir di lima negara ASEAN yakni Laos, Kamboja, Filipina, Vietnam, Indonesia, dan kantor perwakilan di Myanmar.

Baca juga: Home Credit Tebar Promo Cicilan Bunga 0 Persen di iBox

"Ke depannya, Krungsri berkomitmen untuk menjalin kolaborasi erat dengan Home Credit," kata dia dalam keterangan resmi, Selasa (3/10/2023).

Ia menjelaskan pihaknya memiliki keahlian di bidang pembiayaan konsumen dan manajemen risiko.

Hal itu dapat dimanfaatkan untuk memperluas mitra bisnis baru, menumbuhkan basis pelanggan, dan menghadirkan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan pasar Indonesia.

Baca juga: Superbank Jalin Kerja Sama degnan Home Credit, Perluas Akses Pembiayaan Masyarakat Underbanked

Sementara itu, Direktur Utama Adira Finance Dewa Made Susila mengungkapkan, langkah ini penting untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

"Memperkuat posisi kami di pasar Indonesia," ujar dia.

Sedangkan, Chief Executive Officer Home Credit Indonesia Animesh Narang menerangkan, kesepakatan pengambilalihan tersebut diselesaikan dengan perkiraan nilai akuisisi sebesar 209 juta Euro atau senilai Rp 3,4 triliun.

Baca juga: Home Credit Catat Penyaluran Pembiayaan Produk Audio Tumbuh Hampir 60 Persen di 2022

"Transaksi ini bertujuan mendukung operasional bisnis Home Credit Indonesia agar perusahaan dapat menyediakan akses pembiayaan berkelanjutan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia," ujar dia.

Sebagai informasi, Home Credit tersedia di jaringan mitra dengan lebih dari 21.000 mitra ritel di seluruh negeri, serta melalui berbagai platform e-commerce.

Selain pembiayaan konsumen yakni pembiayaan barang dan pembiayaan tunai, Home Credit memiliki berbagai layanan proteksi, opsi paylater, dan e-wallet.

Home Credit merupakan pemain pembiayaan konsumen Indonesia dengan lebih dari 17 juta pengguna aplikasi yang terdaftar. Home Credit telah melayani lebih dari 6 juta pelanggan sejak diluncurkan pada 2013.

Baca juga: Citibank Gandeng Home Credit Luncurkan Fasilitas Pembiayaan Sosial Senilai Rp 275 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com