Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Kinerja, BTN Fokus Lakukan Transformasi

Kompas.com - 06/10/2023, 12:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus melakukan tranformasi layanan. Ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja perseroan.

Direktur Institutional Banking BTN Hakim Putratama menuturkan, perseroan sebagai bank yang fokus pada pembiayaan perumahan terus melakukan transformasi untuk mendorong peningkatan kinerja.

Dalam sisi layanan pembiayaan atau penyaluran kredit, BTN telah melakukan transformasi dengan melakukan sentralisasi proses kredit konsumer dan komersial.

Baca juga: TJSL BTN Salurkan KPR Mikro hingga Bantuan untuk Pencegahan Stunting

Ilustrasi kredit, kredit pemilikan rumah (KPR). SHUTTERSTOCK/STASIQUE Ilustrasi kredit, kredit pemilikan rumah (KPR).

“Sentralisasi Proses Kredit Konsumer kami lakukan dengan membentuk 10 Regional Loan Processing Center (RLPC) dan Sentralisasi Proses Kredit Komersial kami lakukan dengan membentuk 6 Commercial Banking Center (CBC),” kata Hakim dalam siaran pers, Jumat (6/10/2023).

Sedangkan dalam sisi layanan wholesale dan retail funding, lanjut Hakim, BTN memiliki kemampuan untuk membantu transaksi dari nasabahnya yang berkaitan dengan ekosistem perumahan.

“Tahun 2023 BTN mulai melakukan akuisisi dengan melakukan pendekatan ekosistem perumahan seperti industri healthcare dan education. Sampai dengan Agustus 2023 BTN berhasil meningkatkan fee based income wholesale banking lebih dari 283 persen dengan menerapkan pendekatan ekosistem perumahan,” jelasnya.

Menurut Hakim, BTN dengan bisnis utamanya pembiayaan perumahan mampu bertransformasi dalam dua tahun terakhir menjadi bank transaksional sehingga debitur yang terkait dengan ekosistem perumahan dapat lebih nyaman menggunakan BTN dalam bertransaksi.

Baca juga: Bos BTN Targetkan Akuisisi Bank Syariah Rampung Tahun Ini

“Terbukti dengan peningkatan Number of Account dan Fee Based Income. Dengan bertransaksi di BTN maka mitigasi resiko terhadap penggunaan dana kredit dapat lebih terjaga,” tutur dia.

Atas upaya tranformasinya, BTN meraih dua penghargaan dari The Asian Business Review dalam ajang The Asian Experience Awards 2023 pada Kamis, 5 Oktober 2023 di Singapura. BTN meraih dua penghargaan pada ketegori Indonesia Service Experience of the Year dan Indonesia Partner Experience of the Year.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com