Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kena Denda Rp 100 Juta, BCA Bakal Patuhi Keputusan dan Ketentuan OJK

Kompas.com - 17/10/2023, 11:25 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendapatkan sanksi administrasi berupa denda senilai Rp 100 juta. Hal tersebut terkait dengan perannya sebagai bank kustodian dari PT Berlian Aset Manajemen (BAM).

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn menjelaskan, perusahaan akan mengikuti ketentuan yang berlaku.

"Pada prinsipnya, BCA akan senantiasa mematuhi keputusan serta ketentuan dari OJK," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (17/10/2023).

Baca juga: OJK Denda BCA Rp 100 Juta karena Hal Ini

Ilustrasi BCA.SHUTTERSTOCK/SULASTRI SULASTRI Ilustrasi BCA.
Ia menambahkan, sanksi tersebut diberikan pada BCA dalam kapasitasnya sebagai bank kustodian untuk reksadana yang dikelola BAM.

Bank kustodian adalah bank umum yang memberikan jasa penitipan efek dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

Hera menuturkan, BCA akan melaksanakan kegiatan operasional, termasuk sebagai bank kustodian sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Deputi Komisioner Pengawas Pengelolaan Investasi Pasar Modal dan Lembaga Efek OJK Yunita Linda Sari mengatakan, BCA mendapat sanksi administrasi berupa denda senilai Rp 100 juta karena berperan sebagai bank kustodian BAM.

Baca juga: BCA Gelontorkan Kredit Sindikasi Rp 1 Triliun untuk Pusri  

"Terhadap PT Bank Central Asia Tbk selaku bank kustodian dikenakan sanksi administrasi berupa denda sebesar Rp 100 juta," tulis dia, dalam pengumuman resmi, dikutip Senin (16/10/2023).

Yunita menambahkan, OJK memberikan sanksi berupa denda kepada BCA lantaran perusahaan terbukti melakukan pelanggaran Pasal 8 ayat 1 dan Pasal 8 ayat 3 POJK Nomor 23/POJK.04/2016.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com