Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Janji Prabowo-Gibran: Makan Siang dan Susu Gratis di Sekolah

Kompas.com - 27/10/2023, 15:34 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Calon presiden Prabowo Subianto dan pasangannya Gibran Rakabuming Raka, menjanjikan program peningkatan gizi bagi anak-anak sekolah hingga pesantren.

Caranya dengan memberikan makan siang bergizi dan susu gratis untuk anak sekolah. Rencana kebijakan itu dilakukan untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia Maju di 2045.

"Memberi makan siang dan susu gratis di sekolah dan pesantren," isi dokumen visi misi dan program kerja pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran dikutip pada Jumat (27/10/2023).

Jika jadi direaliasikan, makan siang dan susu gratis akan diberikan langsung kepada siswa pra sekolah, dimulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), hingga tingkat pesantren.

Baca juga: Mengenal Dana Abadi yang Dijanjikan Gibran Andai Jadi Wapres

Ide Prabowo menggratiskan makan siang dan susu kepada murid sekolah sejatinya sudah disampaikannya beberapa kali, bahkan jauh sebelum mendaftar sebagai Capres ke KPU.

Misalnya saja, saat Prabowo berorasi politik dalam acara Konsolidasi Pemenangan Partai Bulan Bintang di Padang, Sumatera Barat pada 10 September lalu.

"Selanjutnya kita harus, rencana kita memberi makan siang dan minum susu gratis untuk semua murid di sekolah negeri, sekolah swasta, pesantren, anak-anak balita dan bantuan gizi untuk ibu-ibu hamil," kata Prabowo dikutip dari siaran Live YouTube Gerindra TV.

Prabowo bilang, program-program dari pemerintahan Presiden Jokowi untuk anak-anak sekolah sudah cukup banyak dan perlu ditingkatkan lagi seperti Kartu Indonesia Pintar.

Baca juga: Basuki Jawab Tudingan Solo Diguyur Proyek Infrastruktur karena Gibran

Seandainya dirinya terpilih menjadi Presiden RI, program pemberian makan siang dan susu gratis untuk anak sekolah sudah dihitung dengan matang oleh tim pakar ekonominya.

Meski bakal menyedot banyak anggaran, program tersebut bukanlah hal yang mustahil dijalankan. Asalkan rakyat bisa memenangkan dirinya, Prabowo berjanji untuk membuat banyak kebijakan yang berpihak pada rakyat.

"Nanti akan ada yang tanya apakah bisa? 'Oh mana bisa? Dari mana?' Eh, saudara-saudara, kita sudah hitung matematika, sumber-sumbernya bisa, asalkan mau. Mau enggak berpihak kepada rakyat?" ucap Prabowo.

Janji bidang ekonomi Prabowo-Gibran

Gibran Rakabuming Raka baru-baru ini sempat membocorkan beberapa program kerja unggulan bersama bakal calon presiden Prabowo Subianto.

Baca juga: Polemik Kota Solo Diguyur Belasan Proyek Pusat Saat Gibran Menjabat

Di sektor ekonomi, Gibran mengatakan, akan melanjutkan program ayahnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait hilirisasi pertambangan.

Selain itu, Gibran menyebutkan beberapa program unggulan lainnya. Seperti KUR, kredit mekar, wakaf mikro, kredit ekstra mikro, dan kredit start up milenial.

"Ini untuk bisnis, bisnis para milennial yang berbasis inovasi dan teknologi," kata Gibran di Indonesia Arena, Kompleks Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, belum lama ini.

Dalam dokumen berjudul Visi dan 8 Misi Asta Cita Prabowo-Gibran, terdapat beberapa janji ekonomi yang ditawarkan sebagai berikut:

Baca juga: Intip Kekayaan Gibran Rakabuming, Wali Kota Solo Berusia 36 Tahun

  1. Mencapai swasembada pangan, energi, dan air
  2. Penyempurnaan penerimaan negara
  3. Pemberantasan kemiskinan
  4. Menjamin tersedianya pelayanan kesehatan bagi seluruh rakyat; peningkatan BPJS Kesehatan dan penyediaan obat untuk rakyat
  5. Penguatan pendidikan, sains, teknologi, dan digitalisasi
  6. Menjamin pelestasian lingkungan hidup
  7. Menjamin ketersedian pupuk, benih, dan pestisida langsung ke petani
  8. Menjamin rumah murah dan sanitasi untuk masyarakat desa dan rakyat yang membutuhkan
  9. Melanjutkan pemerataan ekonomi, penguatan UMKM, dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara
  10. Melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi berbasis Sumber Daya Alam (SDA), termasuk sekitar maritim untuk membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya dalam mewujudkan ekonomi berkeadilan
  11. Pelestarian seni budaya, peningkatan ekonomi kreatif, dan peningkatan prestasi olahraga.

Baca juga: Daftar Lengkap Belasan Proyek Pusat di Solo Saat Gibran Menjabat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com