Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitratel Raup Laba Bersih Rp 1,43 Triliun pada Kuartal III-2023

Kompas.com - 30/10/2023, 15:41 WIB
Erlangga Djumena

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk atau Mitratel (MTEL) meraup laba bersih Rp 1,43 triliun pada Kuartal III-2023. Angka ini naik 16,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Adapun EBITDA margin naik dari 78,5 persen pada September 2022 menjadi 80,6 persen pada September 2023.

Sementara itu, pendapatan naik 11,9 persen menjadi Rp 6,3 triliun dibandingkan sembilan bulan pertama 2022 sebesar Rp 5,6 triliun. Perolehan ini didorong oleh peningkatan jumlah menara dan serat optik, baik secara organik maupun anorganik, yang disertai kenaikan jumlah penyewa (tenant) dan kolokasi.

Baca juga: Laba Indosat Turun 24, 41 Persen Jadi Rp 2,7 Triliun pada Kuartal III 2023

“Sejak sebelum initial public offering (IPO) sampai hari ini, kami terus memperbanyak jumlah menara dan serat optik, terutama di kawasan luar pulau Jawa. Kini, kami menikmati hasilnya dalam bentuk pertumbuhan jumlah penyewa dan kenaikan pendapatan. Tantangan kami ke depan adalah bagaimana meningkatkan produktivitas aset yang tercermin dari kenaikan tenancy ratio, dan efisiensi operasi termasuk melalui digitalisasi sehingga berdampak positif pada kenaikan marjin,” kata Direktur utama MTEL Theodorus Ardi Hartoko di Jakarta, Senin (30/10/2023).

Pertumbuhan kepemilikan menara tersebut diimbangi dengan kenaikan jumlah penyewa sebesar 10,5 persen menjadi 55.704 tenant dari sebelumnya 50.390 tenant (yoy). Sementara jumlah kolokasi melonjak 21,3 persen menjadi 18.613 dari sebelumnya 15.339 kolokasi (yoy). Sepanjang tahun ini, Mitratel juga berhasil memperpanjang serat optik menjadi 29.042 Km.

“Kami meyakini bahwa lanskap bisnis industri telekomunikasi ke depan akan ditandai dengan divestasi menara dan fiber optik milik industri MNO. Operator telekomunikasi melakukan hal itu karena ingin lebih fokus pada inovasi produk yang memberikan nilai tambah (added value) dan pemenuhan kebutuhan konsumen. Perubahan ini tentu menjadi peluang bagi Mitratel untuk menjadi partner strategis dan tumbuh bersama mereka,” kata pria yang akrab disapa Teddy ini.

Selama sembilan bulan pertama 2023 Mitratel membangun 481 menara baru serta menambah 1.192 menara melalui akuisisi, sehingga jumlah menara milik MTEL hingga akhir September 2023 mencapai 37.091 menara. Hal ini menjadikan Mitratel sebagai perusahaan TowerCo dengan jumlah menara terbanyak di Asia Tenggara.

Baca juga: Laba Bersih Unilever Naik 21 Persen Jadi Rp 10,2 Triliun

Adapun sebaran menara Mitratel sebagian besar di luar Jawa yakni sekitar 58 persen dari total menara atau 21.586. Sementara di Jawa sebanyak 15.505 menara. Hal tersebut mendorong pertumbuhan penambahan tenant di luar Jawa sebesar 11 persen, lebih tinggi dibandingkan di Jawa yang sebesar 10 persen.

“Hal ini menunjukkan bahwa strategi Perseroan untuk ekspansi dan mengoptimalkan pertumbuhan di luar Jawa sesuai dengan strategi ekspansi dari operator seluler di Indonesia,” katanya.

Selain ekspansi di infrastruktur menara dan fiber optik serta fokus meningkatkan produktivitas aset, MTEL juga berupaya mengoptimalkan teknologi digital dalam bisnis proses. Hal ini memampukan perseroan memberikan services yang relevan dengan kebutuhan pelanggan sehingga memberikan nilai tambah lebih tinggi.

“Adopsi digital terus kami tingkatkan sehingga pelayanan kepada para mitra kami menjadi lebih presisi, lebih efektif, dan jauh lebih efisien.” ujar dia.

Baca juga: Naik 12,47 Persen, BRI Raup Laba Rp 44,21 Triliun pada Kuartal III-2023

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com