Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Kelancaran dan Keamanan Arus Perdagangan di ASEAN, Kemenkeu Perkuat Kolaborasi

Kompas.com - 09/11/2023, 16:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan perwakilan administrasi pabean dari seluruh Negara Anggota ASEAN, yaitu the 39th ASEAN Coordinating Committee on Customs (CCC), yang berlangsung pada 7 sampai 9 November 2023 di Bali.

Pertemuan ini dilaksanakan dengan tujuan mengeksplorasi berbagai isu kerja sama administrasi kepabenaan ASEAN, melalui monitoring implementasi 15 butir Strategic Plan of Customs Development (SPCD) yang dibahas oleh working group di bawahnya, yakni Customs Procedures and Trade Facilitation Working Group (CPTFWG), Customs Enforcement and Compliance Working Group (CECWG), serta Customs Capacity Building Working Group (CCBWG).

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian keuangan Askolani, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peran Bea Cukai dalam rantai pasokan logistik perdagangan internasional.

Baca juga: Ditjen Bea Cukai Cuci Gudang, Lelang 48 Unit Mobil Sitaan

 

Ilustrasi ekspor. SHUTTERSTOCK/APCHANEL Ilustrasi ekspor.

Bea Cukai berada di garis depan dalam penyederhanaan prosedur perdagangan lintas batas, mengurangi biaya perdagangan, dan mempercepat pergerakan barang.

Di sisi lain, Bea cukai juga bertanggung jawab untuk mengawasi dan memastikan keamanan lintas batas negara melalui penilaian berbasis risiko dan pemanfaatan teknologi, dalam menghadapi potensi ancaman dan peredaran barang-barang berbahaya atau ilegal.

“Untuk menyeimbangkan kedua hal tersebut, diperlukan kolaborasi, teknologi, transparansi, dan peningkatan kapasitas, sambil terus membangun kemitraan dengan lembaga pemerintah lainnya, mitra wicara, serta sektor swasta. Menemukan keseimbangan yang tepat akan mendorong pertumbuhan ekonomi, keamanan regional, dan mewujudkan kawasan regional ASEAN yang makmur,” ungkap Askolani dalam keterangannya, Kamis (9/11/2023).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com