Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Dapat Pinjaman Rp 7,75 Triliun dari ADB

Kompas.com - 16/11/2023, 13:39 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asian Development Bank (ADB) memberikan pinjamam sebesar 500 juta dollar AS atau setara Rp 7,75 triliun kepada Indonesia (asumsi kurs Rp 15.500 per dollar AS).

Direktur ADB Jiro Tominaga mengatakan, pinjaman tersebut merupakan bagian dari Program Peningkatan Produktivitas Melalui Pembangunan Sumber Daya Manusia (Boosting Productivity through Human Capital Development Program).

Adapun pinjaman sebesar Rp 7,75 triliun itu merupakan kelanjutan dari keberhasilan subprogram pertama yang disetujui pada 2021.

Baca juga: Iklan Pinjaman Pribadi Masih Marak, Satgas Pasti Temukan 129 Konten Pinpri di Aplikasi

"Program ini adalah komitmen ADB untuk meneruskan kerja sama erat jangka panjang dengan pemerintah Indonesia guna membantu membangun sistem kesehatan, pendidikan, dan perlindungan sosial yang tangguh dan responsif," tutur Jiro, dalam keterangannya, Kamis (16/11/2023).

"Agar dapat menstimulasi pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kemiskinan," sambungnya.

Lewat pinjaman tersebut, ADB berupaya membantu program-program pemerintah terkait pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM), seperti program JobStart dan Kartu Prakerja.

"Guna memberikan pelatihan yang responsif terhadap pasar kepada kaum muda dan dewasa yang menganggur," kata dia.

Selain itu, pinjaman juga diberikan untuk mendukung program terkait perlindungan sosial kepada kelompok miskin dan rentan.

Upaya tersebut sudah dilakukan pemerintah melalui langkah-langkah pelaksanaan program tunjangan pengangguran dan memperkuat pelaksanaan program bantuan langsung tunai bersyarat.

Menurut Jiro, membalikkan kemunduran pembangunan manusia dan produktivitas akibat pandemi Covid-19 lewat bantuan pinjaman menjadi prioritas bagi negara anggota.

"ADB berkomitmen mencapai Asia dan Pasifik yang makmur, inklusif, tangguh, dan berkelanjutan, serta terus melanjutkan upayanya memberantas kemiskinan ekstrem," ucap Jiro.

Baca juga: Jokowi Pangkas Penarikan Utang Pemerintah Jadi Rp 421,21 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com