Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembiayaan BTN Syariah Telah Tumbuh 17,5 Persen

Kompas.com - 21/11/2023, 13:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja Unit Usaha Syariah (UUS) milik PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus menunjukkan peningkatan. Dari dari fungsi intermediasi, BTN Syariah mencatatkan pembiayaan sebesar Rp 35,13 triliun per Agustus 2023.

Angka tersebut tumbuh 17,5 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp 35,13 triliun.

Adapun, sepanjang semester I 2023, BTN Syariah sudah mencetak laba besih sebesar Rp 281,21 miliar, tumbuh 47,31 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Baca juga: BTN Syariah Genjot Pembiayaan Perumahan di Aceh

Ilustrasi keuangan syariah, ekonomi syariah.SHUTTERSTOCK/IMRANKADIR Ilustrasi keuangan syariah, ekonomi syariah.

Pertumbuhan tersebut berada di atas rata-rata kenaikan laba bersih seluruh UUS di Indonesia. Data Statistik Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan merekam laba bersih UUS secara nasional tumbuh 10,38 persen (yoy) per Juni 2023.

Atas performanya, BTN Syariah sukses menyabet penghargaan “The Highest Profit Growth of Sharia Unit Bussiness Bank” di ajang Top 20 Financial Institution Award 2023.

Direktur Konsumer BTN Hirwandi Gafar mengatakan, penghargaan tersebut menjadi pengingat bagi perseroan untuk terus meningkatkan kinerja bisnis syariah.

“Bisnis syariah kami fokus ke penyaluran pembiayaan perumahan, untuk itu kami akan terus memacu kinerja syariah terutama untuk memenuhi kebutuhan rumah rakyat dengan skema syariah,” ujar Hirwandi dalam keterangan resminya, Selasa (21/11/2023).

Baca juga: Wamen BUMN Ungkap Skema Penggabungan BTN Syariah ke BSI

Selain laba bersih yang melesat, aset BTN juga tercatat terus bertumbuh. BTN Syariah mencatatkan aset tumbuh hingga 14,69 persen (yoy) dari Rp 40,35 triliun pada Juni 2022 menjadi Rp 46,27 triliun di bulan yang sama tahun ini.

Adapun, BTN Syariah menyediakan pembiayaan perumahan dari hulu ke hilir. Hirwandi menjelaskan produk pembiayaan yang diberikan mulai dari kepemilikan lahan, kontruksi rumah, pembiayaan pemilikan rumah (KPR), hingga untuk renovasi rumah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com