Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN Setor Dividen Rp 74,1 Triliun ke Negara, Holding dan Merger Jadi Pendorong Kinerja

Kompas.com - 28/11/2023, 06:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian BUMN mencatat setoran dividen konsolidasi perusahaan pelat merah hingga Oktober 2023 mencapai Rp 74,1 triliun. Realisasi dividen ini 150 persen lebih tinggi dari target awal.

Associate Director BUMN Research Group LM (Lembaga Management) Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto menilai, kebijakan pembentukan holding dan merger menjadi salah satu pendorong kinerja BUMN.

"Langkah merampingkan jumlah BUMN melalui pembentukan holding dan merger terbukti membuat kinerja BUMN menjadi jauh lebih baik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (27/11/2023).

Baca juga: Komisaris BUMN Masuk Tim Kampanye, Stafsus Erick Thohir: Kalau Tak Mundur, Kami Mundurkan...

Ia pun mendukung rencana Menteri BUMN Erick Thohir untuk terus merampingkan jumlah pelat merah menjadi sebanyak 30 BUMN. Adapun saat ini terdapat 41 BUMN, menciut dari jumlah awal yang sebanyak 142 BUMN.

Menurut Toto, langkah penggabungan BUMN tersebut akan membantu mendorong kinerja perusahaan pelat merah menjadi lebih baik.

"Hampir setengah keuntungan BUMN di 2022 misalnya disumbangkan sektor perbankan (Himbara). Artinya kondisi pareto BUMN relatif masih belum berubah," katanya.

Dia menilai, efisiensi dan penguatan BUMN lewat holding akan menciptakan kondisi BUMN yang lebih mumpuni. Dengan demikian, kontribusi BUMN kepada negara dan masyarakat akan jauh lebih besar ke depan.

"Dengan program restrukturisasi seperti pembentukkan holding atau merger, kinerja BUMN mestinya bisa lebih ditingkatkan. Ke depan, Indonesia mungkin akan lebih punya sedikit BUMN tapi punya daya saing yang lebih kuat," pungkas Toto.

Baca juga: Kritik BUMN Karya yang Sering Merugi, Ganjar: Hayoo yang Main di Situ Siapa...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com