Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Emiten Siap Tebar Dividen Interim, Ini Rekomendasi Analis

Kompas.com - 11/12/2023, 06:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah emiten masih ramai membagi dividen interim jelang tutup tahun 2023. Emiten yang akan menebar dividen interim datang dari berbagai sektor.

Kita bisa mulai dari perusahaan batubara PT Bayan Resources Tbk (BYAN) yang akan menebar 500 juta dollar AS, setara 0,015 dollar AS per saham sebagai interim. Cum dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi berlangsung pada 15 Desember 2023.

Kemudian ada, PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS). Emiten batubara Grup Sinarmas ini bakal membagi dividen interim kedua setara Rp 1,39 triliun atau Rp 237,52 per saham. Cum dividen dijadwalkan pada 13 Desember 2023.

Baca juga: Simak Bocoran Dividen Matahari Department Store Tahun Depan

Ilustrasi saham, pergerakan saham, IHSG.SHUTTERSTOCK/SHUTTER_O Ilustrasi saham, pergerakan saham, IHSG.

Lalu, duo emiten menara yakni PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) juga siap menebar dividen akhir tahun. TBIG akan membayarkan dividen interim Rp 25 per saham, dengan cum dividen pasar reguler dan negosiasi pada 12 Desember 2023.

Sedangkan TOWR bakal membagi dividen interim sebesar Rp 6 per saham, dengan masa cum dividen pada 14 Desember 2023.

Kemudian, dari sektor keuangan ada PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) yang akan membayar sebesar Rp 28 per saham, dengan cum dividen para 13 Desember 2023.

Selain emiten dengan skala market cap menengah-jumbo di atas, ada pula PT Pulau Subur Tbk (PTPS). Emiten sawit yang baru listing pada 9 Oktober 2023 ini bakal mengucurkan Rp 2,6 miliar atau Rp 1,2 per saham sebagai dividen interim. Cum date akan berlangsung pada 15 Desember 2023.

Baca juga: Catat, 11 Emiten yang Bagi-bagi Dividen pada Desember 2023

Ratih Mustikoningsih, Financial Expert Ajaib Sekuritas, mengamati secara historis periode akhir tahun biasanya menjadi momentum pembagian dividen interim.

"Hal tersebut sebagai cerminan solidnya kinerja emiten hingga kuartal III-2023," kata Ratih kepada Kontan.co.id, Minggu (10/12/2023).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com