Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mirae Asset Perkirakan IHSG Bisa Tembus 8.100 pada 2024

Kompas.com - 14/12/2023, 17:49 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mirae Asset Sekuritas memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bisa menyentuh level 8.100 pada 2024. 

Menjelang akhir tahun 2023, IHSG diperkirakan mampu menyentuh level 7.200 - 7.300. Angka ini mengalami revisi, di mana sebelumnya Mirae Asset memperkirakan IHSG hingga akhir tahun bisa mencapai level 7.400.

“2024 kita memprediksi nilai wajarnya itu, IHSG bisa 8.100,” kata Head of Research Team Mirae Asset Sekuritas Indonesia Robertus Hardy, di Jakarta, Kamis (14/12/2023)

Baca juga: IHSG Pesta Pora di Akhir Sesi, Investor Panen Cuan

Ilustrasi saham, pergerakan saham, IHSG.SHUTTERSTOCK/SHUTTER_O Ilustrasi saham, pergerakan saham, IHSG.

Robertus mengatakan, pergerakan IHSG pada 2024 akan dipengaruhi beberapa sentimen. Di antaranya, kebijakan suku bunga The Fed hingga pesta demokrasi yang akan diselenggarakan pada Februari tahun depan.

“Nanti setelah kebijakan moneter bisa dilonggakan dan sudah ada kejelasan dari hasil pemilu, secara valuasi kita melihat IHSG layak dihargai lebih tinggi,” lanjut Robertus.

Di sisi lain, memasuki akhir tahun, IHSG masih memiliki potensi penguatan secara signifikan akibat aksi mempercantik portofolio oleh investor besar (window dressing) akhir tahun atau biasa disebut Santa Claus Rally terutama pada beberapa saham unggulan (blue chip).

Saham-saham unggulan itu dinilai masih memiliki valuasi yang cukup menarik untuk kembali diakumulasi. 

Baca juga: Sentimen The Fed, IHSG dan Rupiah Dibuka Melonjak Lebih dari 1 Persen

Beberapa dari saham tersebut adalah PT Astra International Tbk (ASII), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), PT XL Axiata Tbk (EXCL), dan PT AKR Corporindo Tbk (AKRA). 

“IHSG di akhir tahun ini mengincar pada kisaran 7.200 sampai 7.300. Ini mungkin lebih rendah dari target sebelumnya, 7.400,” ujarnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com