Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BEI Targetkan Jumlah Investor Pasar Modal Syariah Tembus 1 Juta Tahun Ini

Kompas.com - 09/01/2024, 13:56 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Iman Rachman mengatakan bahwa pihaknya menargetkan investor pasar modal syariah bisa tumbuh menjadi 1 juta di tahun 2024.

“Target kita di akhir tahun ini jumlah investor syariah bisa tembus 1 juta,” kata Iman di Main Hall BEI, Jakarta, Selasa (9/1/2024).

Iman bilang, pasar modal syariah menarik dan memiliki potensi yang besar untuk berkembang pesat. Di sisi lain, Indonesia adalah salah satu negara yang menerapkan Shariah Online Trading System (SOTS) yang memudahkan investor bertransaksi di pasar modal.

Baca juga: Saham Boeing Ambles Imbas Insiden Alaska Airlines

“Sejak diluncurkan pada 2011 dan terus dikembangkan, sudah terdapat 18 anggota bursa penyelenggara layanan SOTS dan 5 bank administrator IDX Syariah,” jelasnya.

Iman mengatakan, pasar modal syariah saat ini sudah semakin maju dan diminati banyak investor. Ini terlihat dari jumlah saham-saham syariah yang tercatat di BEI yang telah menyentuh lebih dari 50 persen selama 5 tahun terakhir dari 399 saham syariah pada tahun 2016, menjadi 623 saham syariah.

Di sisi lain, jumlah saham syariah merupakan 69 persen dari total saham tercatat saat ini yang berjumlah 903 perusaahan tercatat. Sedangkan untuk kapitalisasi pasar saham syariah telah mencapai angka 52,7 persen dari total realisasi pasar saham di BEI dengan nilai transaksi harian 55 persen dari rata-rata transaksi saham harian.

Baca juga: Wall Street Hijau, Saham Nvidia, Apple, Amazon, hingga Alfabet Bangkit

“Jumlah investor syariah juga meningkat 211 persen dalam 5 tahun terakhir dari 44.536 investor apda 2016 menjadi 136.418 investor apda Desember 2023 dan kami harapkan, jumlah investor syariah kita bisa tembus 1 juta tahun ini,” ujar Iman.

Adapun strategi BEI untuk mendorong pertumbuhan investor syariah tahun ini adalah dengan memberikan berbagai kemudahan dalam hal membuka rekening hingga bertansaksi saham. BEI juga mendukung bentuk-bentuk kerja sama, dan aktif memberikan literasi dan inklusi pasar modal syariah di Tanah Air.

“Melalui kerja sama (perusahaan investasi syariah), BEI mendorong peningkatan literasi dan inklusi pasar modal syarah yang terpercaya sehingga investor minat berinvestasi meningkat,” jelas dia.

Baca juga: Melantai di BEI, Saham CGAS Ambles 7 Persen di Awal Sesi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com