Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepat Koordinasi, Kantor Bersama Satgas Tim Transisi Energi Nasional Diresmikan

Kompas.com - 17/01/2024, 16:59 WIB
Yohana Artha Uly,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) bersama pemerintah meresmikan "rumah bersama" transisi energi Indonesia atau Indonesia Energy Transition Implementation Joint Office.

Tempat ini menjadi kantor bersama antara kementerian dan lembaga yang tergabung dalam Satgas Tim Transisi Energi Nasional untuk mendiskusikan upaya transisi energi di Indonesia.

Adapun satgas itu terdiri dari PLN, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Kemenko Bidang Perekonomian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Keuangan, serta Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK).

Baca juga: ESDM Sebut Pentingnya Transisi Energi untuk Dorong Daya Saing Produk RI hingga Pemerataan Pembangunan

Direktur Utama PT PLN, Darmawan Prasodjo, saat berbicara kepada awak media termasuk Kompas.com seusai PLN Electric Run 2023 di Scientia Square Park Gading Serpong pada Minggu (10/12/2023).KOMPAS.com/AHMAD ZILKY Direktur Utama PT PLN, Darmawan Prasodjo, saat berbicara kepada awak media termasuk Kompas.com seusai PLN Electric Run 2023 di Scientia Square Park Gading Serpong pada Minggu (10/12/2023).
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, banyak pihak yang terlibat dalam upaya mendorong transisi energi di Indonesia, maka dari itu diperlukan wadah bersama yang dapat mempercepat koordinasi antara pemangku kepentingan (stakeholder).

"Tadinya banyak sekali stakeholder yang harus dikelola, hari ini dengan adanya satgas transisi energi, ditambah dengan adanya rumah bersama ini, maka kita melihat bahwa Indonesia kompak dalam menghadapi transisi energi," ujarnya dalam persemian Energy Transition Implementation Joint Office yang berlokasi di kawasan Tirtayasa, Melawai, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2024).

Ia menuturkan, dalam upaya mencapai target nol emisi karbon atau net zero emission di 2060, ada banyak aspek yang perlu dibahas sehingga memerlukan keterlibatan banyak pihak.

Pada sisi PLN, ada aspek teknis dan komersial yang perlu dipersiapkan. Sementara dari sisi Kementerian ESDM ada kebijakan-kebijakan yang perlu ditetapkan untuk mendukung implementasi transisi energi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com