Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restrukturisasi Polis Jiwasraya Rampung, Ini Efeknya ke Industri Asuransi

Kompas.com - 19/01/2024, 15:14 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengalihan polis hasil restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) ke IFG Life dinilai dapat mendukung terciptanya industri yang lebih tepercaya.

Pengamat asuransi sekaligus praktisi manajemen risiko Wahyudin Rahman menilai, transfer dan restrukturisasi polis merupakan skema ideal yang dapat dilakukan dalam rangka penyelamatan hak para nasabah pemegang polis Jiwasraya.

Melalui skema restrukturisasi dan transfer polis dari Jiwasraya ke IFG Life, para pemegang polis tetap akan mendapatkan haknya. Namun, dalam skema itu disepakati pola pengurangan manfaat dan waktu.

Baca juga: IFG Life Sudah Bayar Klaim Polis Eks Jiwasraya Rp 492 Miliar ke BTN

Ketua Umum Komunitas Penulis Asuransi Indonesia (Kupasi) ini melihat langkah transfer polis ke IFG Life sebagai bentuk perlindungan konsumen. Harapannya, permasalahan pemegang polis Jiwasraya bisa terselesaikan dengan baik dan tepat.

"Solusi dan upaya memprioritaskan nasabah tentunya sudah mempertimbangkan kajian-kajian yang dalam dan matang," kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (19/1/2023).

Ia menambahkan, Jiwasraya dan pemerintah juga memperbolehkan pemegang polis yang tidak setuju restrukturisasi untuk menyelesaikannya dengan skema utang piutang.

"Pemegang polis yang tidak setuju dengan skema restrukturisasi akan diselesaikan oleh Jiwasraya dengan skema utang piutang dalam proses likuidasinya," imbuh dia.

Baca juga: Ada Nasabah Tolak Restrukturisasi, OJK Minta Jiwasraya Lakukan Ini

Wahyudin yakin, apa yang telah dilakukan pemerintah ini akan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi.

Wahyudin menjelaskan kepercayaan merupakan faktor fundamental dalam bisnis asuransi.

Sementara itu, Direktur Keuangan IFG Life Ryan D. Firman menuturkan, bisnis asuransi sejatinya merupakan bisnis kepercayaan. Oleh karena itu, pihaknya selalu menjaga kepercayaan para nasabah pemegang polis serta para stakeholder.

IFG Life akan mengelola polis-polis hasil pengalihan tersebut sehingga para pemegang polis bisa memperoleh keberlanjutan manfaat dari polis miliknya sesuai dengan persetujuan dan ketentuan dalam polis.

Baca juga: Masuk Tahap Akhir, 99 Persen Nasabah Setuju Restrukturisasi Polis Jiwasraya

“Kami bersyukur, seluruh proses pengalihan polis ini dapat berlangsung dengan baik dan IFG Life dapat menjalankan perannya untuk menerima polis-polis pengalihan yang merupakan hasil restrukturisasi," tandas Ryan.

Sebagai informasi, program restrukturisasi polis Jiwasraya yang diinisiasi oleh pemerintah dan Tim Percepatan Restrukturisasi dinyatakan telah berakhir pada akhir tahun 2023.

Sampai dengan tahap akhir pelaksanaan program, total polis yang telah berhasil direstrukturisasi sebanyak 99,72 persen dari total polis Jiwasraya.

Selanjutnya, polis-polis tersebut beralih kepada IFG Life sehingga polisnya tetap hidup dan para nasabah tetap dapat merasakan manfaat dari polis yang dimiliki.

Baca juga: Restrukturisasi Polis Jiwasraya Rampung, Erick Thohir: Ini Bukan Hal yang Mudah...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com