Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Fokus Induk Holding BUMN Jasa Survei pada 2024

Kompas.com - 19/01/2024, 21:11 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Induk Holding BUMN Jasa Survei, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI menyampaikan akan fokus pada tugas yang diberikan oleh pemerintah pada 2024.

Adapun fokusnya yakni bergabung dengan International Association of Classification Societies (IACS). Saat ini BKI sedang dalam proses bergabung menjadi anggota IACS.

"November 2023, BKI berstatus sebagai applicant untuk keanggotaan IACS. Kita semua tentunya berharap proses yang dijalani oleh BKI dapat berbuah hasil terbaik di penghujung tahun ini atau awal tahun depan,” ujar Direktur Utama BKI Arisudono Soerono dalam siaran pers, Jumat (19/1/2024).

Baca juga: Ada BUMN yang Diduga Terlibat Kasus Suap SAP, Ini Kata Stafsus Erick Thohir

Fokus kedua yakni mempertahankan predikat white-list di Tokyo MoU. Selanjutnya fokus pada sustainability dan peningkatan jasa serta layanan industri maritim.

Arisudono mengatakan dunia saat ini sedang fokus kepada keberlanjutan (sustainability) dalam ekonomi, sosial dan lingkungan.

Ia menilai Indonesia berkepantingan dalam pencapaian keberlanjutan di industri maritim dalam rangka Empowering Maritime Industries towards Sustainable Shipping.

Sebab kata dia, sektor maritim menjadi salah satu sektor yang berkontribusi terhadap ekonomi dunia karena 80 persen perdagangan internasional diangkut oleh transportasi laut.

"Ketergantungan kepada sektor maritim, terlebih Indonesia adalah negara kepulauan, membuat kita semua di sini sangat relevan untuk berkolaborasi dalam pencapaian keberlanjutan di industri maritim," kata Arisudono.

Baca juga: 14 BUMN Jadi Pasien PPA, Ini Upaya Langkah Penyelamatannya

Direktur Operasi BKI, R. Benny Susanto mengatakan BKI mendukung kemajuan pelayaran Indonesia yang sustainable. Berbagai cara disiapkan di antaranya menyiapkan target energy efficiency pada kapal berbendara Indonesia. 

Selain itu, ada peningkatan kualitas safety, pencapaian Net Zero Emission, dan Road Map Dual Fuel and Ship Recycling, hingga mendorong upaya meminimalisir resiko kapal yang berlayar secara internasional.

"BKI terus melakukan pengembangan untuk kemajuan industri kemaritiman, kami terus melakukan riset dan melakukan beragam upaya untuk menghadirkan kualitas terbaik,” kata Benny.

Adapun sebagai induk Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey, BKI bersama seluruh stakeholders maritim membahas kemajuan industri kemaritiman Indonesia dalam pertemuan rutin Majelis BKI pada Selasa, 16 Januari 2024.

Dalam rapat tersebut jajaran Dewan Majelis BKI membahas perkembangan maritim di Indonesia, pengetahuan jasa klasifikasi, dan tekankan kolaborasi antar organisasi dan instansi.

Baca juga: BUMN Virama Karya Buka Lowongan Kerja hingga 26 Januari 2023, Simak Kualifikasinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com