Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Platform Jual Beli Kripto Ini Dukung Inklusivitas di Industri Blockchain

Kompas.com - 21/01/2024, 14:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform jual beli aset kripto Bitget meluncurkan inisiatif Blockchain4Her yang bertujuan untuk mempromosikan keragaman gender dan inklusivitas dalam industri blockchain. Ini ditandai dengan komitmen sebesar 10 juta dollar AS.

Terlepas dari kemajuan industri dan peningkatan inklusivitas, bias gender yang signifikan tetap ada.

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Bitget mengungkapkan keragaman gender yang terbatas di pasar pendanaan blockchain, yang menunjukkan bahwa startup blockchain yang dipimpin oleh perempuan hanya mendapatkan 6 persen dari total pendanaan.

Baca juga: Mengenal Kripto, Aset Blockchain Berisiko Tinggi dan Risiko Dibaliknya

Ilustrasi aset kripto. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi aset kripto.

Dalam ekonomi berbasis blockchain yang berpikiran maju dan global, prevalensi bias gender yang secara signifikan membatasi peluang adalah masalah yang tidak dapat diterima.

"Inisiatif seperti Blockchain4Her bertujuan untuk mengatasi kesenjangan ini," tulis Bitget dalam keterangan resmi, Minggu (21/1/2024).

Dengan menyoroti tantangan yang dihadapi oleh perusahaan startup yang dipimpin oleh perempuan, Bitget bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong upaya kolektif untuk menciptakan lanskap pendanaan yang lebih inklusif.

Gracy Chen, Managing Director Bitget menjelaskan, dalam industri yang berkembang dengan cepat, keberagaman dan inklusi sangat penting untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Baca juga: Inklusivitas Dipandang Bisa Majukan Industri Kripto dan Blockchain

"Blockchain4Her merefleksikan dedikasi kami untuk menjembatani kesenjangan gender dalam industri blockchain," tutur Chen.

Melalui program inkubasi, kompetisi pitching, dan acara-acara penghargaan, Chen menyatakan pihaknya ingin memberdayakan perempuan untuk mengambil peran kepemimpinan di bidang Web3 dan blockchain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com