Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Organisasi Struktur Pasar Modal Indonesia dan Fungsinya

Kompas.com - 17/02/2024, 14:28 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Struktur pasar modal Indonesia bisa dikatakan cukup penting untuk diketahui pada investor saham. Ada fungsi yang berbeda-beda di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Struktur pasar modal di Indonesia sendiri diatur dalam Berdasarkan Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1985, di mana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan pembinaan, pengaturan dan pengawasan sehari-sehari kegiatan pasar modal.

OJK juga berperan mewujudkan terciptanya kegiatan pasar modal yang teratur, wajar dan efisien serta melindungi kepentingan pemodal dan masyarakat.

Baca juga: Mengintip Keuntungan Investasi di Pasar Modal

Struktur pasar modal Indonesia

Pasar modal Indonesia adalah sistem keuangan yang terdiri dari berbagai institusi, instrumen, dan infrastruktur yang memfasilitasi perdagangan efek, seperti saham, obligasi, dan instrumen keuangan lainnya. Struktur pasar modal Indonesia mencakup beberapa elemen kunci:

  1. Otoritas Jasa Keuangan (OJK): Merupakan lembaga yang bertanggung jawab atas pengawasan dan pengaturan pasar modal di Indonesia. OJK memiliki peran penting dalam mengeluarkan peraturan, memberikan izin, dan mengawasi pelaku pasar modal.
  2. Bursa Efek Indonesia (BEI): BEI adalah bursa efek yang menyediakan tempat untuk perdagangan saham, obligasi, dan instrumen keuangan lainnya. BEI merupakan tempat utama di mana investor dan emiten bertemu untuk melakukan transaksi.
  3. Perusahaan emiten: Perusahaan yang menerbitkan efek ke pasar modal untuk memperoleh dana. Emiten dapat berupa perusahaan publik yang sahamnya diperdagangkan di bursa efek atau perusahaan swasta yang menerbitkan obligasi.
  4. Pialang efek: Pialang efek adalah perantara perdagangan efek antara investor dan bursa efek. Mereka bertindak atas nama investor untuk melakukan transaksi jual beli efek.
  5. Investor: Terdiri dari individu, institusi keuangan, atau entitas lainnya yang membeli dan menjual efek di pasar modal untuk mencapai tujuan investasi mereka.
  6. Instrumen keuangan: Termasuk saham, obligasi, reksa dana, dan derivatif keuangan lainnya yang diperdagangkan di pasar modal. Instrumen ini merupakan produk investasi yang dapat diperdagangkan antara investor di pasar modal.
  7. Lembaga kliring dan penjaminan (LKP): Lembaga ini bertanggung jawab untuk melakukan kliring dan penjaminan transaksi di pasar modal. Mereka memastikan bahwa transaksi yang dilakukan di pasar modal dilaksanakan dengan lancar dan aman.
  8. Perusahaan sekuritas: Merupakan lembaga keuangan yang menyediakan berbagai layanan investasi, termasuk penasihat investasi, manajemen portofolio, dan penjamin emisi efek.
  9. Asosiasi pasar modal: Asosiasi ini merupakan organisasi yang mewadahi para pelaku pasar modal, seperti perusahaan sekuritas, untuk meningkatkan standar dan praktek bisnis di pasar modal.

Baca juga: Pengertian Struktur Pasar, Ciri, Jenis, dan Contohnya

Struktur pasar modal Indonesia terus mengalami perkembangan dan perubahan seiring dengan perubahan kebijakan dan dinamika ekonomi global maupun domestik.

Peran regulasi, inovasi produk, dan partisipasi investor menjadi faktor-faktor penting yang membentuk struktur pasar modal Indonesia.

Untuk diketahui saja, struktur pasar modal Indonesia terus mengalami perkembangan dan perubahan seiring dengan perubahan kebijakan dan dinamika ekonomi global maupun domestik.

Peran regulasi, inovasi produk, dan partisipasi investor menjadi faktor-faktor penting yang membentuk struktur pasar modal Indonesia.

Baca juga: Bandingkan Pasar Modal Era SBY dan Jokowi, Tim Ganjar-Mahfud: Jauh Sekali...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com