Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Kredit Mobil, Perhatikan Dulu Hal Penting Berikut

Kompas.com - 02/03/2024, 11:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah dan mobil banyak dinilai sebagai salah satu cara mengukur kesuksesan seseorang. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang tinggal di kota besar mengedepankan gaya hidup tinggi, dari hasil pinjaman atau utang.

Padahal, pola konsumtif atau tidak sesuai dengan kemampuan akan menggerus kondisi finansial. Masalah gagal bayar utang juga memiliki konsekuensi yang besar, seperti masuk dalam daftar hitam Bank Indonesia, sehingga akan sulit mendapatkan pembiayaan di masa depan.

Direktur BCA Finance Petrus Karim mengatakan anak muda jangan hanya mengumpulkan uang untuk down payment (DP) saja jika ingin membeli mobil. Pikirkan juga kemampuan mencicilnya.

Baca juga: Sinar Mas Multifinance Hadirkan Aplikasi Pengajuan Kredit Mobil

“Jangan hanya mengumpulkan uang untuk DP dan beli mobil (dengan harga) setinggi-tingginya, dengan angsuran besar, tapi tidak menghitung kemampuan bulanan,” kata Petrus di acara BCA Expoversary 2024, di ICE BSD Tangerang, Kamis (29/2/2024).

Menurut dia, banyak anak muda yang saat ini mengedepankan status sosial untuk menunjukkan kemampuan dan kekayaannya agar diakui dalam pergaulan.

Tapi menurut Petrus, anak muda harus tau bahwa kredit perbankan yang ditetapkan adalah sepertiga dari gaji. Hal itu dilakukan agar dua pertiga sisa pendapatan dapat digunakan untuk biaya hidup sehari-hari.

Baca juga: BI Perpanjang Kebijakan DP 0 Persen Kredit Mobil dan Rumah hingga 2024

“Beli kendaraan harus sesuai dengam penghasilan. Perbankan biasanya menghitung sepertiga dari penghasilam untuk angsuran. Karena dua pertiga untuk tabungan dan kebutuhan sehari-hari,” kata.

Ia menilai sangat disayangkan jika ada anak muda yang mencicil mobil padahal gaji atau pendapatannya pas-pasan. Sebab dampak yang bisa timbul bisa mengurangi anggaran untuk makan sehari-hari, atau yang paling parah adalah gagal bayar.

“Kalau angsuran terlalu besar, makan bisa seminggu sekali saja,” ujarnya sambil bergurau.

Baca juga: Alasan Kredit Mobil Bekas Masih Diminati Masyarakat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com