Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang Nyepi, KCIC: Penumpang Kereta Cepat Whoosh Naik 20 Persen

Kompas.com - 09/03/2024, 15:23 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Manager Corporate Communication PT KCIC Emir Monti mengatakan, jumlah penumpang kereta cepat Whoosh meningkat selama periode libur panjang (Long weekend) Hari Raya Nyepi hingga 20 persen.

Emir mengatakan, lonjakan penumpang sudah terlihat sejak Kamis, (7/3/2024). Pada hari tersebut tercatat Whoosh memberangkatkan sebanyak 18.500 penumpang.

Sedangkan pada Jumat, (8/3/2024) mencapai 20.000 penumpang. Jumlah penumpang meningkat sekitar 20 persen jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya di mana KCIC melayani sebanyak 15.000-16.000 penumpang.

Baca juga: Layanan Intermoda BRT Bus Listrik Bakal Tersedia di Stasiun Whoosh Tegalluar

"Secara total dalam waktu 3 hari jumlah penumlang Whoosh mencapai sekitar 55.000, lonjakan penumpang ini terjadi karena adanya long weekend Hari Raya Nyepi dan Cuti bersama. Tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan momen ini untuk bepergian dan berlibur dengan menggunakan Whoosh sehingga KCIC melakukan penambahan perjalanan," kata Emir dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/3/2024).

Emir mengatakan, untuk mengakomodir peningkatan jumlah penumpang, KCIC mengoperasikan 4 perjalanan KA Tambahan.

Dengan demikian, total terdapat 44 perjalanan Whoosh di periode libur panjang sejak 8 Maret 2024 hingga 12 Maret 2024.

Ia juga mengatakan, untuk keberangkatan Sabtu, (9/3/2024), tiket yang sudah terjual hingga Sabtu pagi berada di angka 16.000 tiket.

Angka ini, kata dia, akan terus bertambah seiring dengan masih berlangsungnya proses penjualan tiket dan diperkirakan dapat mencapai 19.000 penumpang.

"Beberapa jadwal perjalanan dari Jakarta menuju Bandung bahkan sudah hampir terjual habis. Jadwal yang menjadi favorit masyarakat adalah keberangkatan pagi hingga siang dari Halim dan sore hingga malam dari Tegalluar dan Padalarang," ujarnya.

Lebih lanjut, Emir mengingatkan kepada penumpang Kereta Cepat Whoosh untuk memerhatikan kembali jadwal keberangkatan kereta yang tertera pada tiket atau e-tiket. Hal ini penting agar penumpang tidak tertinggal kereta.

"Kami juga mengimbau kepada penumpang untuk tiba di stasiun setidaknya 30 menit sebelum keberangkatan. Hal ini agar penumpang tidak terburu-buru mengingat ada proses pengecekan keamanan dan boarding yang harus dilakukan penumpang," ucap dia.

Baca juga: Frekuensi Perjalanan Kereta Cepat Whoosh pada Akhir Pekan Ditambah, Simak Jadwalnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com