Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebut Harga Ikan Naik, KKP Pastikan Stok Aman Selama Ramadhan

Kompas.com - 18/03/2024, 21:40 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan akan terus mengawal ketersediaan serta kestabilan harga ikan selama Ramadhan.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Budi Sulistiyo mengatakan, keberadaan cold storage (CS) atau tempat penyimpanan makanan di berbagai daerah berhasil membantu menampung dan mendistribusikan ikan hasil tangkapan nelayan termasuk selama Ramadan

"Alhamdulillah kondisi perdagangan ikan berjalan baik, terutama di bulan Ramadhan ini," kata Budi melalui keterangan tertulisnya, Senin, (18/3/2024).

Baca juga: KKP Umumkan Lokasi Pembersihan Sedimentasi Laut, di Mana Saja?

Budi mengatakan, berdasarkan data yang dihimpun jajarannya dari 232 cold storage yang ada di berbagai provinsi di Indonesia, stok ikan pada akhir Februari 2024 berjumlah 32.359 ton.

Ia mengatakan, stok ikan terbanyak adalah ikan Cakalang sebanyak 8.012 ton, diikuti tuna 3.585 ton, udang 3.516 ton, layang 2.806 ton, tongkol 1.605 ton, dan kembung 1.340 ton.

"Keberadaan cold storage sangat penting untuk menjaga ketersediaan ikan, termasuk juga dalam hal pengendalian harga," ujarnya.

Budi mengatakan, rata-rata harga ikan sudah naik dibanding bulan Januari. Ia menyontohkan, harga Cakalang pada bulan Februari adalah Rp19.019/kg, tuna Rp96.152/kg, udang Rp92.651/kg, layang Rp15.727/kg, tongkol Rp17.755/kg, dan kembung Rp22.456/kg.

Merujuk pendataan tersebut, Budi menyimpulkan stok ikan mencukupi atau aman untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat selama bulan romadhon.

"Dengan jumlah tersebut, artinya stok ikan di Bulan Ramadhan aman. Termasuk juga untuk stok bahan baku UPI (unit pengolah ikan) yang melakukan ekspor," tuturnya.

Lebih lanjut, Budi mengajak masyarakat untuk menggunakan ikan sebagai asupan protein selama berpuasa.

"Selain menyehatkan, harganya stabil dan stok yang tercukupi, ikan juga mudah diolah jadi beragam menu, baik kaki lima hingga bintang lima," ucap dia.

Baca juga: Daftar Harga Bahan Pokok Senin 18 Maret 2024, Harga Ikan Bandeng Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com